Pengembangan bahan ajar biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi animal kingdom untuk SMA Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional kelas X / Dwi Arif Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi animal kingdom untuk SMA Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional kelas X / Dwi Arif Wahyuni

Wahyuni, Dwi Arif (2011) Pengembangan bahan ajar biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi animal kingdom untuk SMA Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional kelas X / Dwi Arif Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci bahan ajar inkuiri terbimbing animal kingdom Sekolah RSBI merupakan salah satu kebijakan pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia di era globalisasi. Sekolah RSBI berupaya untuk menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar sehingga dalam proses pembelajaran di kelas diperlukan media pembelajaran yang mendukung. Bahan ajar adalah salah satu media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar biologi materi Animal Kingdom berbasis inkuiri terbimbing untuk SMA RSBI kelas X mengukur kelayakan dan mengetahui kekurangan dan kelebihan bahan ajar biologi materi Animal Kingdom berbasis inkuiri terbimbing untuk SMA RSBI kelas X dari aspek isi dan keterbacaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yaitu pengembangan bahan ajar. Bahan ajar yang dikembangkan adalah bahan ajar Biologi materi Animal Kingdom berbasis inkuiri terbimbing. Prosedur penelitian meliputi tahap Define Design dan Develop. Validator ahli bahan ajar terdiri dari tiga orang dosen Biologi dan dua orang guru SMA dan siswa sebagai validator keterbacaan. Data yang diperoleh dalam penelitian meliputi (1) data kuantitatif berupa skor angket penilaian bahan ajar oleh validator ahli dan (2) data kualitatif berupa komentar dan saran yang diberikan oleh validator ahli dan hasil angket keterbacaan oleh siswa terhadap bahan ajar. Hasil pengembangan berupa bahan ajar Biologi hasil validasi untuk bahan uji coba yang terdiri dari bagian pendahuluan isi dan daftar pustaka. Pada bagian isi terdapat lima kegiatan belajar yang mempelajari tentang materi Animal Kingdom. Setiap kegiatan belajar meliputi tahap inkuiri metode dan investigasi kesimpulan dan ekstensi. Berdasarkan hasil penilaian validator ahli bahan ajar hasil pengembangan dinilai telah valid dan berdasarkan validasi keterbacaan oleh siswa diketahui bahwa siswa tidak mengalami kesulitan dalam membaca bahan ajar hasil pengembangan. Berdasarkan hasil validasi bahan ajar maka bahan ajar yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan uji coba dalam pembelajaran Biologi di kelas sesungguhnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24777

Actions (login required)

View Item View Item