Pengaruh pembelajaran berbasis masalah melalui strategi Think Pair Share terhadap kemampuan metakognitif, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar biologi dan retensi siswa dengan kemampuan akademik berbeda / Eva Nurul Malahayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran berbasis masalah melalui strategi Think Pair Share terhadap kemampuan metakognitif, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar biologi dan retensi siswa dengan kemampuan akademik berbeda / Eva Nurul Malahayati

Malahayati, Eva Nurul (2011) Pengaruh pembelajaran berbasis masalah melalui strategi Think Pair Share terhadap kemampuan metakognitif, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar biologi dan retensi siswa dengan kemampuan akademik berbeda / Eva Nurul Malahayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran berbasis masalah think pair share metakognitif berpikir kritis hasil belajar biologi retensi kemampuan akademik beda. Pembelajaran sains (biologi) menuntut siswa memahami konsep-konsep pokok melalui penalaran menemukan konsep-konsep yang berkaitan atau dengan berbagai cara membuat hubungan antar konsep. Faktanya siswa kurang terlibat secara aktif baik fisik maupun mental mencari hubungan antar konsep-konsep dalam pembelajaran biologi. Pemahaman siswa tidak terbangun secara utuh sehingga kemampuan metakognitif kemampuan berpikir kritis hasil belajar dan retensi siswa rendah. Pembelajaran berbasis masalah berpotensi melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Strategi Think Pair Share memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir secara mandiri merespon/ menjawab dan bekerja sama dengan yang lain mampu meningkatkan daya ingat atau retensi siswa. Dengan demikian gabungan keduanya berpotensi untuk meningkatkan keberhasilan siswa dalam meningkatkan kemampuan metakognitif kemampuan berpikir kritis hasil belajar biologi dan retensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah melalui strategi TPS terhadap kemampuan metakognitif kemampuan berpikir kritis hasil belajar biologi dan retensi siswa dengan kemampuan akademik berbeda. Penelitian ini dilakukan dengan metode quasi eksperimen melalui desain Nonrandomized Control Group Pretest-Postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Malang dan SMAI Al- Ma arif Singosari semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Sampel penelitian adalah kelas X-4 dan X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri atas angket inventori metakognitif soal tes uraian untuk mengakses ketrampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis hasil belajar dan retensi. Angket inventori metakognitif dan soal tes diberikan pada awal dan akhir pembelajaran kemudian tes retensi kesadaran metakognitif keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dilakukan 4 minggu setelah pelaksanaan postes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan ANAKOVA. Uji lanjut menggunakan uji Least Significant Different (LSD). Pengujian terhadap konsistensi pelaksanaan strategi pembelajaran digunakan analisis regresi. Pengujian hipotesis nol dilakukan pada taraf signifikansi 0.5%. Semua proses analisis data dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. ii Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran PBM TPS berpengaruh terhadap retensi keterampilan metakognitif sebesar 83.306% retensi kemampuan berpikir kritis dan retensi hasil belajar berturut-turut sebesar 82.149% dan 95.029% sedangkan tidak berpengaruh terhadap kesadaran metakognitif keterampilan metakognitif kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar serta retensi kesadaran metakognitif. Kemampuan akademik berpengaruh terhadap keterampilan metakognitif hasil belajar dan retensinya berturut-turut sebesar 131.425% 134.475% dan 73.959%. Namun tidak berpengaruh terhadap kesadaran metakognitif kemampuan berpikir kritis retensi kesadaran metakognitif dan retensi keterampilan metakognitif. Interaksi strategi PBM TPS dengan kemampuan akademik hanya berpengaruh terhadap kesadaran metakognitif dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak berbeda nyata dengan interaksi multistrategi dengan kemampuan akademik rendah. Terkait hasil penelitian tersebut maka peneliti memberikan saran agar penelitian yang sejenis perlu terus dikembangkan dengan kombinasi beberapa strategi pembelajaran yang lain pada jenjang pendidikan yang sama atau berbeda. Penggunaan angket inventori kesadaran metakognitif belum sepenuhnya dapat mengakses kesadaran metakognitif siswa secara efektif sebaiknya selain dengan angket digunakan tes verbal dan wawancara. Sebaiknya untuk mempertahankan daya retensi siswa dilakukan pembelajaran yang bervariasi agar siswa tidak mengalami kebosanan. Nilai Ujian Nasional belum sepenuhnya menggambarkan kemampuan akademik sebaiknya untuk mengelompokkan siswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah menggunakan tes bakat skolastik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24776

Actions (login required)

View Item View Item