Pengembangan modul biologi invertebrata model siklus belajar (learning cycle) 4E untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X RSMABI Negeri 1 Batu / Icuk Sugik Laili Abidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul biologi invertebrata model siklus belajar (learning cycle) 4E untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X RSMABI Negeri 1 Batu / Icuk Sugik Laili Abidah

Abidah, Icuk Sugik Laili (2011) Pengembangan modul biologi invertebrata model siklus belajar (learning cycle) 4E untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X RSMABI Negeri 1 Batu / Icuk Sugik Laili Abidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pengembangan Modul Siklus Belajar 4E Invertebrata Pembelajaran biologi di RSMABI (Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf Internasional) Negeri 1 Batu sudah cukup baik karena beberapa proses pembelajaran di dalam kelas telah berpusat pada siswa serta sarana dan prasarana yang sudah cukup memadai untuk memudahkan melakukan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran sering dilakukan dengan mengerjakan LKS dengan alasan untuk mempersingkat waktu pembelajaran karena materi terlalu padat dan juga sebagai penunjang kegiatan pembelajaran pada saat guru tidak bisa hadir di kelas. LKS yang dimiliki siswa bentuk produknya kurang menarik berisi kumpulan soal-soal yang tidak bersifat konstruktif sehingga minat belajar siswa berkurang dan hal ini berdampak pada hasil belajar yang kurang memuaskan. Hasil belajar Biologi kelas X-2 yang berupa nilai rapor di semester 1 tahun 2011 31 25% siswa memiliki nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal 75 dan ketuntasan klasikalnya hanya 68 75%. Berdasarkan hasil observasi tersebut perlu dilakukan perbaikan pembelajaran dengan mengembangkan modul pada materi Invertebrata untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X-2 RSMABI Negeri 1 Batu. Metode Pengembangan modul mengadaptasi model Thiagarajan atau dikenal dengan 4D (define design develop dan disseminate). Tahap define melakukan analisis situasi awal. Tahap design merancang perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Tahap develop melakukan pengembangan dan penulisan modul validasi modul revisi I uji coba modul revisi II dan diperoleh produk akhir hasil pengembangan. Tahap disseminate penggunaan modul pada skala yang luas belum dilakukan karena keterbatasan biaya dan waktu pembelajaran pada Kompetensi Dasar yang dikembangkan sudah berakhir. Berdasarkan data dan analisis data yang telah dilakukan diperoleh produk pengembangan berupa Modul Pembelajaran Biologi Invertebrata dengan model siklus belajar 4E dengan kriteria sangat valid baik modul guru (87 76%) maupun modul siswa (87 41%). Berdasarkan data uji coba yang dilakukan ketuntasan klasikal dari tes hasil belajar kognitif mencapai 93 75% (meningkat sebesar 25% dari sebelum penggunaan modul) dari tes hasil belajar afektif 84 38% siswa memperoleh nilai A menunjukkan sikap dan respon siswa terhadap materi Invertebrata sangat tinggi dari hasil belajar psikomotor 71 87% siswa memperoleh kriteria penilaian sangat tinggi/sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul layak digunakan dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24774

Actions (login required)

View Item View Item