Wulandari, Evy Rosita (2011) Pembelajaran berbasis projek dipandu kooperatif tipe STAD meningkatkan motivasi, keterampilan proses, hasil belajar, dan respons siswa SMPN 18 Malang / Evy Rosita Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Motivasi Keterampilan Proses Hasil Belajar Respons Pembelajaran Berbasis Projek STAD Berdasarkan hasil observasi pada kegiatan pembelajaran di kelas VIII G SMPN 18 Malang pada 29 Juli 2010 diketahui bahwa guru sering menerapkan metode ceramah. Hasil tes awal menunjukkan bahwa hanya 14 28% siswa yang nilainya di atas SKM. Hal ini menunjukkan rendahnya tingkat motivasi siswa. Kerja projek sangat jarang dilakukan sehingga keterampilan proses siswa kurang berkembang. Kegiatan belajar secara berkelompok jarang dilakukan oleh siswa sehingga interaksi antarsiswa kurang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan model Pembelajaran Berbasis Projek dipandu Kooperatif Tipe STAD. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi.Subyek penelitian adalah siswa VIII G SMPN 18 Malang tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 35 siswa dengan materi pertumbuhan dan perkembangan. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 5 Agustus sampai 4 November 2010. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus RPP tes angket lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pembelajaran Berbasis Projek dipandu Kooperatif Tipe STAD secara umum dapat meningkatkan motivasi keterampilan proses hasil belajar dan respons siswa kelas VIII G SMPN 18 Malang. Motivasi siswa mengalami peningkatan sebesar 0 16 poin. Aspek keterampilan proses secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 55% menjadi 84% pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 34 29% menjadi 65 87% pada siklus II dengan selisih peningkatan 31 58%. Respons siswa secara klasikal meningkat sebesar 0 34 poin. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) Kepada Guru Biologi hendaknya menerapkan Pembelajaran Berbasis Projek dipandu Kooperatif Tipe STAD pada mata pelajaran Biologi karena dapat meningkatkan motivasi keterampilan proses hasil belajar dan respons siswa. (2) Penerapan PBP dipandu kooperatif STAD perlu memperhatikan kesesuaian materi dan alokasi waktu yang ada. (3) Perlu diadakan pengajaran remedial untuk meningkatkan hasil belajar dan persentase ketuntasan belajar klasikal. (4) PBP perlu lebih sering diterapkan agar siswa terbiasa menerapkan keterampilan proses sehingga skor keterampilan proses terus meningkat. (5) Kepada peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian pada kompetensi dasar yang lain guna mengetahui keberhasilan penerapan Penerapan Pembelajaran Berbasis Projek dipandu Kooperatif Tipe STAD dalam meningkatkan motivasi keterampilan proses hasil belajar dan respons siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24773 |
Actions (login required)
View Item |