Rahayu, Anis Mugi (2011) Penerapan model numbered heads together (NHT) dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil beajar biologi materi sistem gerak manusia siswa kelas XI IPA 1 SMA Sejahtera Prigen Pasuruan / Anis Mugi Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Model Numbered Heads Together (NHT) Metode Demonstrasi Motivasi Belajar Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi mulai tanggal 19 Juli 2010 sampai 30 Agustus 2010 di kelas XI IPA 1 SMA Sejahtera Prigen Pasuruan diperoleh data pola pembelajaran masih terpusat pada guru (teacher centered). Metode ceramah yang digunakan di kelas kurang menarik minat belajar siswa pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung (membahas materi sel) siswa terlihat pasif. Hanya 3 orang saja dari 38 siswa yang aktif menjawab dan bertanya pada guru yang lain hanya diam siswa yang duduk di bangku belakang berbicara di luar materi ada yang memainkan alat-alat tulis dan tidak mencatat penjelasan dari guru. Hal tersebut menunjukkan rendahnya motivasi belajar biologi siswa yang berdampak pada rendahnya hasil belajar biologi siswa. Hal ini terlihat dari daftar skor tes pokok bahasan sel yang diperoleh peneliti dari guru bidang studi diketahui bahwa sebanyak 20 siswa dari 38 siswa satu kelas yang nilainya belum memenuhi Standar Kelulusan Minimal (SKM) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Tujuan penelitian untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi materi sistem gerak manusia siswa kelas XI IPA 1 SMA Sejahtera Prigen Pasuruan melalui penerapan model Numbered Heads Together (NHT) dengan metode demonstrasi. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam II siklus. Data penelitian adalah motivasi belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi motivasi hasil belajar siswa diperoleh dari tes pada tiap akhir siklus dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model NHT 1) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terlihat dari persentase rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 67 62 dengan kategori taraf keberhasilan cukup sedangkan pada siklus II sebesar 86 93 dengan kategori taraf keberhasilan sangat baik 2) dapat meningkatkan hasil belajar siswa peningkatan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 52 63% dari siklus I ke siklus II sebesar 86 84%. Berdasarkan hasil penelitian disarankan model NHT dengan metode demonstrasi dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi materi selain sistem gerak manusia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 May 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24769 |
Actions (login required)
View Item |