Analisis kesesuaian LKS MGMP IPA SMP Kota Malang kelas VII berdasarkan model assure / Nurul Fitriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesesuaian LKS MGMP IPA SMP Kota Malang kelas VII berdasarkan model assure / Nurul Fitriana

Fitriana, Nurul (2011) Analisis kesesuaian LKS MGMP IPA SMP Kota Malang kelas VII berdasarkan model assure / Nurul Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci analisis kesesuaian LKS model ASSURE Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan sebuah media pembelajaran yang paling banyak digunakan oleh guru SMP Kota Malang. Pembuatan LKS oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA SMP Kota Malang menggunakan asas kebersamaan tanpa ada standar yang baku untuk itu peneliti ingin mengetahui kesesuaian LKS dengan prinsip media model ASSURE (Analyze learners State objectives Select media and material Utilize material Require learner performance and Evaluate). Model ASSURE merupakan langkah-langkah yang digunakan untuk membuat media. Hasil penelitian ini diharapkan memberi informasi tentang langkah-langkah pembuatan LKS memberi masukan kepada tim MGMP mengenai isi dari LKS yang perlu diperbaiki. Lembar kerja siswa yang digunakan dalam penelitian adalah LKS tim MGMP IPA (Biologi) SMP Kota Malang kelas VII semester gasal tahun ajaran 2010/2011. Prinsip media yang digunakan sebagai landasan teori adalah prinsip media menurut Heinich (1989). Landasan hukum yang digunakan sebagai acuan yaitu Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tahun 2006 dan Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) tahun 2008. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah studi kasus. Lokasi pengambilan data dilakukan di 11 SMP Kota Malang. Sumber data utama adalah LKS tim MGMP IPA (Biologi) SMP Kota Malang kelas VII semester gasal tahun ajaran 2010/2011. Sumber data lain adalah hasil wawancara dan angket untuk guru luar tim MGMP. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara analisis dokumen dan angket. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Secara garis besar guru Biologi luar tim MGMP berpendapat bahwa kelebihan LKS beserta materi di LKS sudah sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) materi dan kegiatan kompetensi sudah disesuaikan dengan sekolah yang ada di Kota Malang sehingga setiap siswa di Kota Malang dapat belajar dengan menggunakan LKS. Kekurangan LKS adalah banyaknya pengulangan nomor soal kurangnya gambar tabel dan grafik sehingga menyebabkan siswa kurang terampil dalam mengolah data membaca grafik dan tabel ranah afektif dan psikomotor kurang dimunculkan pada LKS. Analisis karakter siswa dilakukan dengan mengasumsikan bahwa kemampuan fasilitas dan pengetahuan siswa dianggap sama. Pemilihan tujuan yang dilihat dari indikator menghasilkan persentase sebesar 68 8%. Pemilihan materi menghasilkan persentase sebesar 20 50%. Penggunaan alat dan bahan yang digunakan sebagai media pembelajaran pada kegiatan kompetensi menghasilkan nilai sebesar 48 71%. Keterlibatan siswa menghasilkan nilai sebesar 41%. Evaluasi menghasilkan nilai sebesar 21 43%. Dari analisis secara umum disimpulkan pembuatan LKS tim MGMP sesuai model ASSURE masih kurang baik. Model ASSURE dapat digunakan sebagai acuan untuk membuat LKS berikutnya. Guru tim MGMP sebagai penyusun LKS sebaiknya lebih memperhatikan materi media yang digunakan untuk kegiatan praktikum dan pembuatan soal karena masih banyak pengulangan nomor soal. Tim MGMP sebaiknya lebih memperhatikan rumusan tujuan kegiatan kompetensi maupun rumusan indikator. Kata kerja operasionalnya lebih diperhatikan sehingga dapat teramati dan terukur. Pembuatan soal sebaiknya lebih meningkatkan tingkat kognitifnya seperti diperbanyak tingkat C4 (analisis) C5 (sintesis) dan C6 (evaluasi). Guru luar tim MGMP sebaiknya tidak mengutamakan LKS tim MGMP sebagai bahan ajar karena masih ada faktor-faktor di BSNP 2006 yang belum terpenuhi misalnya seperti materi bahan ajar kurang memadukan sains teknologi lingkungan dan masyarakat pada praktikum kurang menggunakan langkah-langkah metode ilmiah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Apr 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24768

Actions (login required)

View Item View Item