Pengembangan modul keterkaitan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit pada sistem saraf untuk mencapai SKL-SP dan tujuan mata pelajaran biologi pada siswa kelas XI di SMA Negeri I Grati Pasuruan / Dia Faroka - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul keterkaitan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit pada sistem saraf untuk mencapai SKL-SP dan tujuan mata pelajaran biologi pada siswa kelas XI di SMA Negeri I Grati Pasuruan / Dia Faroka

Faroka, Dia (2011) Pengembangan modul keterkaitan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit pada sistem saraf untuk mencapai SKL-SP dan tujuan mata pelajaran biologi pada siswa kelas XI di SMA Negeri I Grati Pasuruan / Dia Faroka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Modul keterkaitan struktur fungsi dan proses serta kelainan/penyakit pada sistem saraf SKL-SP Tujuan Mata Pelajaran Biologi. Berdasarkan hasil Observasi diketahui bahwa pembelajaran Biolodi di SMA Negeri I Grati menggunakan Lesson Study dan Non Lesson Study. Proses Lesson Study dilaksanakan sekali setiap semester untuk mata pelajaran biologi begitu juga dengan mata pelajaran yang lain. Sehingga pelaksanaan lesson study belum dapat mencapai visi dan misi sekolah. Permasalahan yang terjadi pada Lesson Study maupun Non Lesson Study yaitu a) Siswa kurang dilibatkan secara aktif dikelas b) Kemampuan berfikir belum dipertimbangkan sebagai bagian integral dari pembelajaran c) Siswa yang cerdas dan cepat belajarnya terhambat dengan adanya siswa yang lamban dan siswa yang lamban akan semakin kesulitan LKS yang digunakan kurang efektif efisien dan fleksibel d) LKS belum dapat mencapai tujuan Biologi dan SKL-SP. Alternatif solusi permasalahan yang tejadi adalah a) menggunakan Bahan ajar berupa modul yang menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis kritis kreatif dan inovatif. Sehingga siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri dan tidak hanya menerima informasi saja b) menggunakan Bahan ajar yaitu modul karena bersifat Self intructional Self Containned Adaptif Stand alone dan user friendly. Model Pengembangan modul yang digunakan penulis mengikuti langkahlangkah sebagai berikut 1)Potensi dan Masalah 2) Pengumpulan Informasi 3) Desain Modul 4) Validasi Modul pembelajaran dan uji coba kelompok kecil 5) Revisi Modul pembelajaran I 6) Uji Coba langsung Modul pembelajaran 7) Revisi Modul pembelajaran II 8) Penyempurnaan Modul. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media ahli materi guru dalam tampilan modul yaitu SKL-SP dan Tujuan Biologi adalah 80 21% 91 73% 90 73% sedangkan hasil validasi modul berdasarkan gagasan modul berupa visual gambar dan video yaitu 79.58% 96 87% 93 75%.Hasil uji coba kelompok kecil dan besar yaitu 84.64% dan 89.58%. Data hasil validasi dari ahli media ahli materi dan guru serta uji coba kelompok kecil dan besar bahwa modul tidak perlu direvisi. Meskipun berdasarkan data kuantitatif modul telah telah dinyatakan valid dan layak tetapi perlu ditindak lanjuti mengenai komentar dan saran ahli media ahli materi guru dan kelompok kecil serta besar. Produk yang dihasilkan adalah modul Keterkaitan Struktur Fungsi Dan Proses Serta Kelainan/Penyakit Pada Sistem Saraf untuk mencapai Kompetensi Dasar. Keterkaitan antara Struktur Fungsi dan Proses Serta Kelainan/Penyakit yang terjadi pada Sistem Regulasi . Modul ini mempunyai 5 kegiatan belajar dengan alokasi waktu 8 x 45 menit. Saran pemanfaatan dan pengembangan lebih lanjut dari hasil pengembangan ini dapat dikembangkan sebagai berikut 1) Modul yang dikembangkan dapat dimanfaatkan lebih lanjut dengan diproduksi oleh sekolah yang bersangkutan dengan seijin peniliti. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sekolah dan membelajarkan siswa secara mandiri dan sebagai contoh modul yang memiliki komponen lengkap memenuhi standart lulusan mata pelajaran dan tujuan mata pelajaran Biologi 2) Diperlukan ketelitian dalam membuat modul yang mencapai SKL-SP dan Tujuan mata pelajaran Biologi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24764

Actions (login required)

View Item View Item