Penerapan pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII-A SMP Brawijaya Smart School Malang / Naevi Mariyani Muslim - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII-A SMP Brawijaya Smart School Malang / Naevi Mariyani Muslim

Muslim, Naevi Mariyani (2011) Penerapan pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII-A SMP Brawijaya Smart School Malang / Naevi Mariyani Muslim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran Cooperative Script aktivitas hasil belajar Berdasarkan observasi awal di SMP Brawijaya Smart School Malang diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-A masih relatif rendah. Rendahnya aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari ketidakaktifan siswa dalam diskusi dan mengikuti pelajaran sedangkan hasil belajar siswa dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa yang hanya mencapai 18 75% (ketuntasan belajar yang telah ditetapkan adalah 85%). Masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan model pembelajaran yang membuat aktivitas siswa menjadi lebih baik ketika mengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pembelajaran cooperative script. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran cooperative script. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan subyek penelitian siswa kelas VIII-A SMP Brawijaya Smart School Malang semester 1 tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah 32 siswa dalam satu kelas. Pokok bahasan sistem pernapasan dan sistem peredaran darah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar keterlaksanaan tindakan guru dalam menerapkan pembelajaran cooperative script lembar observasi aktivitas belajar siswa catatan lapangan dan tes akhir siklus. Data dalam penelitian ini berupa aktivitas belajar siswa yang diperoleh melalui observasi selama proses pembelajaran sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran coopertive script dapat meningkatkan 1) aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan mencapai kategori baik (B) pada setiap aspek yaitu interaksi tatap muka mengalami peningkatan sebesar 19 28% keterampilan antar personal mengalami peningkatan sebesar 27 60% saling ketergantungan positif mengalami peningkatan sebesar 19 28% dan akuntabilitas individu 5 22%. 2) hasil belajar siswa diukur dari rerata hasil belajar siswa dan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Rerata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 12 76% sedangkan ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan 25% sehingga dapat disimpulkan penerapan pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24761

Actions (login required)

View Item View Item