Pembelajaran kooparatif think pair share (TPS) meningkatkan kemampuan bertanya, kemampuan menjawab, dan hasil belajar biologi siswa SMP Brawijaya Smart Chool Malang / Kirana Nur Hayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran kooparatif think pair share (TPS) meningkatkan kemampuan bertanya, kemampuan menjawab, dan hasil belajar biologi siswa SMP Brawijaya Smart Chool Malang / Kirana Nur Hayati

Hayati, Kirana Nur (2011) Pembelajaran kooparatif think pair share (TPS) meningkatkan kemampuan bertanya, kemampuan menjawab, dan hasil belajar biologi siswa SMP Brawijaya Smart Chool Malang / Kirana Nur Hayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kooperatif TPS Kemampuan Bertanya Kemampuan Menjawab Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi awal di kelas VIII B SMP Brawijaya Smart School diperoleh data bahwa hanya 16% dari 30 siswa yang aktif mengikuti pem-belajaran sedangkan yang lainnya pasif dikarenakan hampir 35% siswa tidak konsentrasi terhadap pelajaran 29% siswa takut dan 20% siswa malu. Diperoleh data pada saat kegiatan diskusi kelas siswa yang aktif bertanya dan menjawab hanya 16% sehingga bisa dikatakan aktivitas bertanya dan menjawab siswa kelas VIII B masih kurang. Hasil belajar yang diperoleh dari nilai UTS 26 67% dari 30 siswa yang mendapat skor diatas standar minimum ( 8805 60). Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu diterapkan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS). Model pembelajaran TPS merupakan pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir secara individu (Think) kemudian mendiskusikan jawaban dengan teman sebangku (Pair) selanjutnya mendiskusikan jawaban dengan teman satu kelas (Share). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggu-nakan pendekatan kualitatif yang terdiri atas dua siklus. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan pada bulan Nopember Desember 2010. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bertanya kemampuan menjawab dan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Brawijaya Smart School melalui penerapan pembelajaran kooperatif model TPS. Data penelitian berupa kemampuan bertanya kemampuan menjawab dan hasil belajar siswa aspek kognitif dan aspek afektif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) dapat (1) meningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas VIII B SMP Brawijaya Smart School pada siklus I sebanyak 30% atau 9 dari 30 siswa (taraf keberhasilan sangat kurang) dan pada siklus II meningkat sebanyak 50% atau 15 dari 30 siswa (taraf keberhasilan kurang) (2) meningkatkan kemampuan menjawab siswa kelas VIII B SMP Brawijaya Smart School pada siklus I sebanyak 20% atau 6 dari 30 siswa (taraf keberhasilan sangat kurang) dan pada siklus II meningkat sebanyak 47% atau 14 dari 30 siswa (taraf keberhasilan kurang) (3) Meningkatkan hasil belajar klasikal siswa kelas VIII B SMP Brawijaya Smart School aspek kognitif pada siklus I sebanyak 60% atau 18 dari 30 siswa (taraf keberhasilan cukup) dan pada siklus II meningkat sebanyak 86 67% atau 26 dari 30 siswa (taraf keberhasilan sangat baik). Ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif untuk setiap indikator yang meliputi perhatian siswa terhadap pelajaran tanggung jawab kerjasama percaya diri dan menghargai pendapat orang lain mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24760

Actions (login required)

View Item View Item