Dwiningsih, Mita (2011) Penerapan pola PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) dalam metode TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Blitar / Mita Dwiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci PBMP TPS aktivitas belajar hasil belajar SMA Negeri 1 Blitar yang beralamat di Jl. Jend. A. Yani No 112 Blitar adalah SMA yang mulai merintis menuju SMA bertaraf International atau disebut RSMABI (Rintisan Sekolah Menengah Atas Bertaraf International). Berdasarkan observasi yang telah dilakukan selama dua kali pertemuan yaitu tanggal 27-28 Juli 2010 di kelas XI IPA 4 proses pembelajaran Biologi sudah berjalan dengan baik tetapi siswa masih kurang aktif. Keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan masih kurang mereka harus ditunjuk terlebih dahulu untuk menjawab suatu pertanyaan dari guru. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran agar hasil belajar siswa meningkat adalah menggunakan pola PBMP dalam metode TPS. Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) atau TEQ (Thinking Empowerment by Questioning) merupakan pola pembelajaran yang berlangsung tidak secara informatif seluruhnya dilakukan melalui rangkaian atau jalinan pertanyaan yang telah dirancang secara tertulis dalam lembar-lembar PBMP 8223 sedangkan TPS adalah suatu metode pembelajaran kooperatif yang mampu mengubah asumsi bahwa metode resitasi dan diskusi perlu diselenggarakan dalam setting belajar kelas secara keseluruhan. Model kooperatif TPS memberi siswa waktu untuk berpikir dan merespon serta saling bantu satu sama lain. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan mulai Agustus sampai Oktober 2010 sebanyak dua siklus. Siklus I dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Blitar yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 25 siswa putri dan 15 siswa putra. Data dalam penelitian ini berupa aktivitas bertanya menjawab berpendapat dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari pengambilan data berupa hasil tes tulis akhir siklus terhadap siswa pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pola PBMP dalam metode TPS pada mata pelajaran Biologi khususnya materi jaringan tumbuhan dan jaringan hewan dapat meningkatkan aktivitas bertanya menjawab dan berpendapat dengan tingkat kenaikan berturut-turut 17 5% 10% dan 7 5% yang diikuti dengan kenaikan hasil belajar siswa sebesar 7 6 poin. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disarankan bagi peneliti untuk menerapkan pola PBMP dengan metode pembelajaran lain sesuai dengan karakteristik materi dan tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24759 |
Actions (login required)
View Item |