Rakhmawati, Indah (2011) Penerapan pembelajaran kontekstual dengan model inkuiri untuk meningkatkan sikap dan hasil belajar IPA biologi siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Porong / Indah Rakhmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci model inkuiri sikap belajar hasil belajar. Sikap belajar merupakan reaksi atau respon siswa terhadap kegiatan belajar. Aspek sikap belajar merupakan salah satu aspek penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kualitas hasil belajar yang baik sangat berhubungan erat dengan sikap belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi di kelas VII E SMP Negeri 3 Porong menunjukkan bahwa siswa kurang memiliki sikap belajar yang akhirnya berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Oleh karena itu diperlukan adanya proses pembelajaran yang mampu meningkatkan sikap dan hasil belajar siswa. Penerapan pembelajaran kontekstual dengan model inkuiri merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan sikap dan hasil belajar IPA Biologi siswa di kelas VII E SMP Negeri 3 Porong. Keunggulan model inkuiri adalah dalam kegiatan pembelajaran seluruh kemampuan siswa dilibatkan secara maksimal dalam mencari dan menyelidiki secara sistematis kritis logis dan analitis sehingga menjadikan siswa berpikir lebih kritis dan menunjang kemampuan sikap belajar siswa yang akhirnya mampu meningkatkan sikap dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk meningkatkan sikap dan hasil belajar biologi siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Porong melalui penerapan pembelajaran kontekstual dengan model inkuiri. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif-kuantitatif. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus dan empat pertemuan setiap siklus terdiri dari perencanaan penelitian pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII E yang berjumlah 31 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2009. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah catatan lapangan lembar observasi sikap belajar dan tes tulis hasil belajar. Sikap belajar siswa diobservasi menggunakan lembar observasi sikap belajar dan catatan lapangan sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari tes tulis hasil belajar pada akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan sikap belajar siswa untuk setiap aspek meliputi aspek kemauan untuk mengumpulkan dan menggunakan bukti 53% (siklus I) menjadi 72% (siklus II) aspek kemauan untuk mengubah gagasan atau pendapat terkait dengan bukti 48% (siklus I) menjadi 62% (siklus II) dan aspek kemauan untuk mereviu prosedur 26% (siklus I) menjadi 48% (siklus II). Hasil belajar kognitif klasikal (HBKk) IPA biologi siswa juga menunjukkan peningkatan secara klasikal yaitu 42% (siklus I) menjadi 97% (siklus II). Peningkatan juga terlihat pada rata-rata Nilai Tes Belajar individu (NTBi) siswa yaitu 63 26% (siklus I) menjadi 84 06% (siklus II). Saran dari penelitian ini adalah sebaiknya dalam penerapan pembelajaran kontekstual dengan model inkuiri guru melakukan secara berkesinambungan dan teratur sehingga mampu mempercepat penyesuaian siswa terhadap kondisi belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24758 |
Actions (login required)
View Item |