Penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair Share) melalui pembuatan peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 2 MAN Malang II Batu / Sulistioningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair Share) melalui pembuatan peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 2 MAN Malang II Batu / Sulistioningsih

Sulistioningsih (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair Share) melalui pembuatan peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 2 MAN Malang II Batu / Sulistioningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair Share) pembuatan peta konsep motivasi hasil belajar. Berdasarkan observasi yang peneliti lakukan pada tanggal 26 Februari 2010 di MAN Malang II Batu kelas XI IPA2 kegiatan pembelajaran biologi pada materi Sistem Pernapasan dilakukan melalui diskusi namun bersifat text book yaitu siswa diberi tugas dan mencari jawabannya di buku teks. Saat diskusi kelas juga masih didominasi dengan ceramah dari guru. Siswa pasif dan terlihat malas-malasan untuk belajar Biologi. Hasil observasi menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa masih rendah sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Persentase siswa yang belum mencapai Standart Ketuntasan Minimal adalah 42 86% atau sebanyak 12 siswa dari 28 siswa. Perlu dilakukan upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut antara lain berupa pengembangan strategi pembelajaran yang mampu mengoptimalkan motivasi belajar siswa. Pembelajaran kooperatif model TPS melalui pembuatan peta konsep merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar karena menekankan pada kerjasama siswa dalam kelompok yang membantu siswa dalam menguasai materi yang dipelajari. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 2 MAN Malang II Batu dengan penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair Share) melalui pembuatan peta konsep. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam 2 siklus. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara observasi tes hasil pembuatan peta konsep catatan lapangan dan pemotretan. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I rata-rata motivasi klasikal siswa adalah 78 95% dan meningkat menjadi 86 03% pada siklus II. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada siklus I adalah 60 71% dan meningkat menjadi 92 6% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair Share) melalui pembuatan peta konsep mampu meningkatkan motivasi belajar biologi siswa (2) penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair Share) melalui pembuatan peta konsep mampu meningkatkan hasil belajar biologi siswa. Berdasarkan pada hasil penelitian disarankan agar para pendidik dapat menggunakan model pembelajaran TPS melalui pembuatan peta konsep ini karena dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dan disarankan melakukan penelitian dalam pembelajaran Biologi dengan materi yang berbeda untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif model TPS melalui pembuatan peta konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24750

Actions (login required)

View Item View Item