Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan berpikir siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang / Fadhiah Isna - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan berpikir siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang / Fadhiah Isna

Isna, Fadhiah (2010) Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan berpikir siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang / Fadhiah Isna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci cooperative Script keterampilan metakognitif keterampilan berpikir Aspek yang harus dikembangkan dalam diri siswa yakni keterampilan metakognitif dan keterampilan berpikir siswa. Siswa dengan keterampilan metakognitif yang baik akan mampu menjadi pebelajar yang mandiri. Siswa mampu merencanakan memonitor dan mengevaluasi dirinya sendiri dalam kegiatan belajarnya sendiri. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir yang baik tentunya materi akan dapat dicerna dengan baik dan siswa akan lebih mudah dalam mencapai tujuan pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu diterapkan strategi pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan keterampilan berpikir siswa. Rancangan Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 4 semester genap tahun ajaran 2009-2010 SMA Negeri 1 Malang yang berjumlah 36 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2010. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru catatan lapangan tes keterampilan metakognitif dan tes keterampilan berpikir. Keterampilan metakogitif siswa diukur dari jawaban siswa yang diskor dengan rubrik. Keterampilan berpikir diukur dari jawaban siswa yang diskor dengan rubrik dan nonrubrik/konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan metakognitif siswa pada siklus I sebesar 48 49 pada siklus II sebesar 68 69 dan pada siklus III sebesar 73 70. Persentase peningkatan keterampilan metakognitif dari siklus I ke siklus II sebesar 41 66% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 7 29%. Rata-rata keterampilan berpikir siswa pada siklus I adalah 39 35 pada siklus II menjadi 44 14 dan pada siklus III sebesar 66 61. Persentase peningkatan keterampilan berpikir dari siklus I ke siklus II sebesar 12 17% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 50 91%. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan keterampilan metakognitif dan keterampilan berpikir siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Malang. Disarankan hendaknya peneliti memperhatikan alokasi waktu yang digunakan sehingga pelaksanaan pembelajaran berlangsung secara efisien. Pemberdayaan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir siswa hendaknya dilakukan secara terus menerus dan terencana pada pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi guru bidang studi ataupun peneliti yang lain untuk menerapkan strategi tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24749

Actions (login required)

View Item View Item