Penerapan pembelajaran kooperatif stad (Student teams achievement division) dengan peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IA-1 SMA Negeri 1 Badegan Ponorogo Jawa Timur / Eny Triyo Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif stad (Student teams achievement division) dengan peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IA-1 SMA Negeri 1 Badegan Ponorogo Jawa Timur / Eny Triyo Handayani

Handayani, Eny Triyo (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif stad (Student teams achievement division) dengan peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IA-1 SMA Negeri 1 Badegan Ponorogo Jawa Timur / Eny Triyo Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci STAD Peta konsep Motivasi Belajar Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi di dalam kelas dan wawancara dengan guru Biologi kelas XI IA-1 SMAN 1 Badegan Ponorogo pada tanggal 19-20 Maret 2010 diketahui bahwa motivasi belajar siswa kelas XI IA-1 tergolong rendah sehingga berpengaruh pada hasil belajar yang rendah pula. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yaitu dari 35 siswa hanya 48% atau 17 siswa yang memperoleh nilai 8805 70 yang merupakan standar ketuntasan minimal yang berlaku di sekolah tersebut. Salah satu solusi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar melalui penerapan pembelajaran kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) dengan peta konsep. STAD efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa karena di dalam STAD terdapat struktur penghargaan sebagai bentuk penguatan terhadap apa yang telah dilakukan oleh siswa. Peta konsep menyebabkan siswa dapat memahami keterkaitan antar konsep materi yang telah dikuasainya sehingga membuat pengetahuan tahan lama dan pada akhirnya akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang lebih baik. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif STAD dengan peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IA-1. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IA-1 SMAN 1 Badegan Ponorogo semester genap 2009/2010 yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2010. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi motivasi belajar lembar observasi keberhasilan tindakan guru tes akhir siklus dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) dengan peta konsep dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IA-1 SMAN 1 Badegan Ponorogo. Motivasi belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan 6 15%. Hasil belajar siswa ditunjukkan dengan menghitung skor tes setiap akhir siklus dan nilai peta konsep. Rata-rata skor akhir hasil belajar meningkat sebesar 8 5%. Ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan 18 8%. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) dengan peta konsep untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan sistem pertahanan tubuh (2) guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran kooperatif STAD dengan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem pertahanan tubuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24746

Actions (login required)

View Item View Item