Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation berbasis contextual teaching and learning untuk meningkatkan keterampilan kerja ilmiah dan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 10 Malang / Yuanita Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation berbasis contextual teaching and learning untuk meningkatkan keterampilan kerja ilmiah dan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 10 Malang / Yuanita Novitasari

Novitasari, Yuanita (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation berbasis contextual teaching and learning untuk meningkatkan keterampilan kerja ilmiah dan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 10 Malang / Yuanita Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Group Investigation Contextual Teaching and Learning keterampilan kerja ilmiah hasil belajar biologi. Pembaharuan di bidang kurikulum dalam pembelajaran menuntut adanya pelaksanaan pembelajaran yang berbasis proses dan hasil. Berdasarkan wawancara dan observasi di kelas XI IPA 2 SMA Negeri 10 Malang keterampilan kerja ilmiah peserta didik rendah karena pembelajaran yang diterapkan lebih menekankan kepada hasil tanpa memperdulikan proses. Keterampilan kerja ilmiah yang rendah dimungkinkan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Diperlukan metode yang nantinya melatih keterampilan kerja ilmiah peserta didik sehingga dimungkinkan hasil belajar peserta didik akan meningkat. Perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan keterampilan kerja ilmiah dan hasil belajar Biologi peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 10 Malang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif-kuantitatif. PTK dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 2 semester genap tahun ajaran 2009-2010 SMA Negeri 10 Malang yang berjumlah 38 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2009-Agustus 2010. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh guru lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh peserta didik catatan lapangan lembar observasi keterampilan kerja ilmiah rubrik perencanaan kerja ilmiah lembar observasi psikomotor rubrik laporan kerja ilmiah soal tes hasil belajar kognitif dan soal tes hasil belajar afektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan keterampilan kerja ilmiah peserta didik mengalami peningkatan antara antara siklus I (58%) dan siklus II (95%). Peningkatan juga terlihat pada rerata keterampilan kerja ilmiah peserta didik antara siklus I (72) dan siklus II (80). Rerata hasil belajar biologi peserta didik juga mengalami peningkatan antara siklus I (80) dan siklus II (84). Persentase ketuntasan hasil belajar biologi peserta didik juga mengalami peningkatan antara siklus I (92%) dan siklus II (95%). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation berbasis Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keterampilan kerja ilmiah dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 10 Malang dalam pembelajaran ii Biologi. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya peneliti memperhatikan alokasi waktu yang digunakan agar pelaksanaan pembelajaran berlangsung secara efisien dan penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi guru bidang studi ataupun peneliti yang lain untuk menerapkan model dan pendekatan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Nov 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24745

Actions (login required)

View Item View Item