Pemberian tugas membuat poster pencemaran dan kerusakan lingkungan dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelqs VII di SMP Negeri 8 Malang / Ismi Fanikmatus Sholikha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemberian tugas membuat poster pencemaran dan kerusakan lingkungan dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelqs VII di SMP Negeri 8 Malang / Ismi Fanikmatus Sholikha

Sholikha, Ismi Fanikmatus (2010) Pemberian tugas membuat poster pencemaran dan kerusakan lingkungan dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelqs VII di SMP Negeri 8 Malang / Ismi Fanikmatus Sholikha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci aktivitas belajar hasil belajar motivasi belajar pembelajaran kooperatif poster. Berdasarkan hasil observasi pada tanggal 1 Februari sampai tanggal 1Maret dan wawancara dengan guru mata pelajaran Biologi dan siswa di SMP Negeri 8 Malang pada tanggal 10 Februari sampai tanggal 5 Maret di kelas VIIB terhadap kegiatan pembelajaran Biologi diperoleh beberapa fakta yang kemudian di identifikasikan beberapa masalah antara lain 1) kemampuan dan kemauan siswa berpikir/mengemukakan ide/gagasan rendah b) interaksi antar siswa rendah meskipun guru sering memberikan kesempatan siswa dalam mengajukan pertanyaan c) motivasi rendah d) hasil belajar rendah dengan keberhasilan belajar klasikal sebesar 30%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan siswa dalam mengemukakan ide/gagasan dalam bentuk pertanyaan maupun jawaban yang rendah. Selain itu interaksi antar siswa rendah karena kegiatan mengerjakan LKS yang sifatnya individual relatif dominan. Bisa jadi karena tidak ada media yang tepat untuk memfokuskan diskusi dan masalah-masalah diskusi juga tidak jelas. Untuk meningkatkan aktivitas motivasi dan hasil belajar siswa perlu diadakan suatu perubahan dalam menggunakan strategi pembelajarannya. Upaya untuk mengatasi permasalaan tersebut diterapkan pemberian tugas membuat poster dalam pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 8 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif. Penelitaian ini merupakan penelitian non-eksperimendengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 27 April 2010 sampai dengan 22Mei 2010. Data penelitian berupa aktivitas belajar yang diperoleh dari angket aktivitas siswa dalam pembuatan poster secara berkelompok dan aktivitas siswa dalam diskusi motivasi belajar siswa yang diperoleh melalui observasi selama penelitian sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemberian tugas membuat poster pencemaran dan kerusakan lingkungan dalam pembelajaran kooperatif di SMP Negeri 8 Malang dilaksanakan dengan langkah-langkah menetapkan dan menjelaskan tujuan pembelajaran menyajikan informasi mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar membimbing kelompok bekerja dan belajar evaluasi dan memberi penghargaan. Pemberian tugas membuat poster diberikan pada tahap mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar dan dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Pada siklus I siswa masih belum paham cara membuat poster. Dari kekurangan siklus I maka dilakukan perbaikan pada siklus II dengan membuat petunjuk tertulis cara membuat poster. Setelah dua siklus tindakan penerapan pembelajaran kooperatif dengan pemberian tugas membuat poster dapat meningkatkan motivasi aktivitas dan hasil belajar Biologi siswa kelas VII-B di SMP Negeri Malang jika dibandingkan dengan sebelum tindakan (pra siklus). Secara rinci penyataan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut 1) motivasi (minat perhatian konsentrasi dan ketekunan) belajar Biologi siswa kelas VI SMP Negeri 8 Malang terlihat dari meningkatnya motivasi secara klasikal dari 39 6 pada pra siklus menjadi 61% pada siklus I dan 74% pada siklus II 2) aktivitas belajar Biologi siswa kelas VI SMP Negeri 8 Malang terlihat dari meningkatnya aktivitas klasikal dari 17 72% pada pra siklus menjadi 32% pada siklus I dan 44 9% pada siklus II 3) hasil belajar Biologi siswa kelas VI SMP Negeri 8 Malang terlihat dari presentase keberhasilan belajar klasikal sebesar 27 9% pada pra siklus menjadi 69 7% pada siklus I dan 88 3% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa penerapan pemberian tugas membuat poster dalam pembelajaran kooperatif secara bertahap dapat meningkatkan aktivitas motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas VIIB SMP Negeri 8 Malang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bahwa guru dapat memberikan tugas poster secara tertulis dengan menunjukkan kriteria poster yang baik agar siswa dapat mengerjakan poster dengan baik pula. Guru diharapkan juga memantau kegiatan siswa dalam membuat poster di luar jam belajar dengan membuat angket keaktifan siswa dalam membuat poster secara berkelompok. Dalam pemberian tugas membuat poster kelompok juga dapat melampirkan ide/gagasan dalam bentuk karangan untuk menyesuaikan dengan gagasan yang dituangkan dalam bentuk poster. Guru diharapkan lebih giat memantau jalannya diskusi kelompok agar siswa tidak berbicara di luar materi pelajaran dan bercanda dengan temannya sehingga fokus perhatian siswa tertuju pada kegiatan pembelajaran serta mendatangi siswa yang kurang aktif dalam diskusi kelompok dan memberikan motivasi kepada mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24742

Actions (login required)

View Item View Item