Penerapan model pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang / Enik Cholifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang / Enik Cholifah

Cholifah, Enik (2010) Penerapan model pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang / Enik Cholifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Cholifah Enik. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Soedjono Basoeki M.Pd (II) Sitoresmi Prabaningtyas S.Si. M.Si Kata kunci contextual teaching and learning numbered heads together aktivitas belajar hasil belajar Biologi. Berdasarkan hasil observasi di SMAN 6 Malang peneliti menemukan beberapa hal antara lain metode yang sering diterapkan di kelas X-6 adalah ceramah dan diskusi secara klasikal. Aktivitas belajar yang dilakukan siswa kurang siswa kurang aktif dalam belajar kurang memperhatikan pendapat teman dan terdapat beberapa siswa yang sering mendominasi sehingga menyebabkan siswa kurang paham terhadap materi pelajaran dan berpengaruh terhadap hasil belajar yang relatif lebih rendah dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 70. Cara mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa salah satunya dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus pada siklus I terdiri dari lima pertemuan dan siklus II terdiri dari empat pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan (planning) tahap pelaksanaan tindakan (action) tahap observasi (observation) dan tahap refleksi (reflection). PTK ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 6 Malang. Subyek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X-6 SMAN 6 Malang semester I tahun ajaran 2009/2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase aktivitas belajar siswa dari siklus I sebesar 59 5% dengan taraf keberhasilan cukup ke siklus II meningkat menjadi 67 3 % dengan taraf keberhasilan baik. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa diketahui dari ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sebesar 47 1 % dengan rata-rata nilai siswa sebesar 61 8 ke siklus II meningkat menjadi 73 5 % dengan rata-rata nilai siswa 75. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-6 SMAN 6 Malang. Saran dari penelitian ini adalah sebaiknya dalam penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning melakukan secara berkesinambungan dan teratur sehingga mampu mempercepat adaptasi/ penyesuaian siswa terhadap kondisi belajar. Penelitian ini dapat dijadikan alternatif oleh guru/peneliti yang lain untuk melaksanakan penelitian yang serupa pada materi dan sekolah yang berbeda sehingga dapat dijadikan pembanding bagi penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24740

Actions (login required)

View Item View Item