Zuroida, Vivin Mufidatu (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif group investigation (GI) untuk meningkatkan ketrampilan proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gedeg Mojokerto / Vivin Mufidatu Zuroida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci pembelajaran kooperatif group investigation keterampilan proses hasil belajar biologi. Observasi awal yang dilakukan pada bulan januari menunjukkan bahwa pembelajaran Biologi di kelas VII-C SMP Negeri 2 Gedeg Mojokerto ada beberapa masalah antara lain (1) Siswa ramai dan berbicara dengan temannya ketika pembelajaran berlangsung (2) Siswa kurang memperhatikan guru pada saat mengajar (3) Sebagian siswa bercanda dengan temannya dan tidak menghiraukan penyampaian materi yang disampaikan oleh guru di depan kelas. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Biologi dalam belajar biologi kinerja siswa dalam melakukan pengamatan dengan ikut mengalami secara langsung masih kurang. Siswa lebih sering belajar di dalam kelas mengerjakan LKS sehingga hasil belajar siswa kurang baik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diterapkan Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar biologi siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Gedeg Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-C semester genap tahun ajaran 2009-2010 SMP Negeri 2 Gedeg Mojokerto yang berjumlah 30 orang. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada awal April sampai akhir Mei 2010. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru catatan lapangan lembar observasi keterampilan proses dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar Biologi siswa. Keterampilan proses belajar siswa meningkat sebesar 16% yaitu dari 57 8% pada siklus I menjadi 73 8% pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan terlihat dari nilai rata-rata siswa sebesar 74 2% pada siklus I menjadi 82 6% pada siklus II dan siswa yang tuntas belajar juga mengalami peningkatan dari 83 3% pada siklus I menjadi 93 3 % pada siklus II. Berdasarkan penelitian tersebut sebaiknya guru Biologi menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dalam kegiatan pembelajaran agar keterampilan proses dan hasil belajar siswa meningkat. Salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) sehingga pembelajaran ini disarankan untuk diterapkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24736 |
Actions (login required)
View Item |