Penerapan strategi inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X-6 SMA Negeri 2 Batu / Mastuti Andriyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X-6 SMA Negeri 2 Batu / Mastuti Andriyani

Andriyani, Mastuti (2010) Penerapan strategi inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X-6 SMA Negeri 2 Batu / Mastuti Andriyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Inkuiri motivasi belajar hasil belajar biologi SMA. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di kelas X-6 SMA Negeri 2 Batu diketahui bahwa motivasi belajar siswa tergolong rendah. Rendahnya motivasi belajar siswa diketahui dari rendahnya jumlah siswa yang mengerjakan pekerjaan rumah (PR) misalnya pada waktu materi Animalia hanya 17 6% siswa yang mengerjakan PR siswa ramai dan berbicara dengan teman di luar topik pelajaran siswa berjalan-jalan di dalam kelas ketika guru menjelaskan dan ketika ditanya siswa tidak dapat menjawab pertanyaan guru. Guru sebenarnya sudah menerapkan pembelajaran kontruktivistik yang bersifat student centered namun siswa masih kurang termotivasi dalam mengikuti pelajaran Biologi. Dari hasil wawancara dengan guru bidang studi diketahui bahwa hasil belajar Biologi siswa rendah. Salah satu indikator rendahnya hasil belajar Biologi siswa tampak dari nilai ulangan harian yaitu pada materi Animalia terdapat 97.1% siswa yang mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Belajar Minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh SMA Negeri 2 Batu yaitu pada materi Animalia siswa dikatakan tuntas belajar apabila mencapai nilai 65. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas X-6 SMA Negeri 2 Batu. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan strategi inkuiri. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu rencana tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 2 Batu yang berjumlah 34 siswa dan terdiri dari 24 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa motivasi belajar (diukur berdasarkan lembar observasi motivasi siswa) dan hasil belajar Biologi (diukur berdasarkan nilai rerata hasil pascates siswa) serta adanya data pendukung berupa lembar observasi kegiatan guru dan lembar catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan strategi inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas X-6 SMA Negeri 2 Batu. Peningkatan motivasi belajar klasikal siswa ditunjukkan dari siklus I sebesar 76% dengan kategori baik menjadi 87% ke siklus II dengan kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan pada rerata klasikal siklus I dengan KKM 70 sebesar 71 05 (ketuntasan belajar 67 6%) menjadi 78 4 (ketuntasan belajar 91 2%) pada siklus II. Pada KKM 75 rerata klasikal siklus I sebesar 71 05 (ketuntasan belajar 52 9%) menjadi 78 4 (ketuntasan belajar 85 3%) pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24729

Actions (login required)

View Item View Item