Hasanah, Ummul (2010) Pemanfaatan peta konsep dan rangkuman untuk meningkatkan sikap, motivasi belajar, dan penguasaan konsep biologi di kelas VIII D SMPN 4 Kepanjen tahun pelajaran 2009/2010 / Ummul Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci motivasi belajar penguasaan konsep peta konsep rangkuman sikap. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran biologi dan siswa kelas VIIID di SMPN 4 Kepanjen mulai tanggal 4 Februari sampai dengan 30 April 2010 terhadap kegiatan pembelajaran biologi diperoleh informasi bahwa peran guru yang terlalu dominan membuat siswa kurang termotivasi untuk belajar dengan baik. Hanya sekitar 25 % siswa yang menunjukkan minatnya pada pelajaran biologi dengan menanggapi pertanyaan yang diberikan guru sedangkan yang lain acuh tak acuh pada penjelasan yang diberikan guru. Kebanyakan dari mereka hanya duduk mendengar mencatat dan mengerjakan tugas. Hasil analisis angket tentang sikap siswa terhadap biologi yang telah diberikan pada tahap observasi diperoleh data bahwa terdapat 40% atau sebanyak 14 siswa menyukai pelajaran biologi siswa yang biasa saja atau cenderung acuh tak acuh terhadap pelajaran Biologi 16 siswa atau 46% sedangkan siswa yang tidak suka pelajaran Biologi ada 5 siswa atau sekitar 14%. Berdasarkan nilai ulangan pada materi sebelumnya diperoleh data bahwa sebanyak 31 43% siswa yang belum tuntas sehingga untuk meningkatkan motivasi dan sikap siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa perlu diadakan suatu perubahan dalam penggunaan strategi dan media pembelajarannya. Upaya untuk mengatasi permasalaan tersebut salah satunya dengan menerapkan pembelajaran dengan menggunakan peta konsep dan rangkuman. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap motivasi dan penguasaan konsep Biologi siswa kelas VIIID SMPN 4 Kepanjen melalui penerapan pembelajaran dengan menggunakan peta konsep dan rangkuman. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan mulai tanggal 6-29 Mei 2010. Data penelitian berupa sikap diperoleh dari hasil analisis angket yang diberikan pada awal sebelum perlakuan dan sesudah pemberian perlakuan motivasi belajar siswa yang diperoleh melalui observasi selama penelitian dan data penguasaan konsep dilihat dari hasil belajar siswa yang diperoleh melalui nilai peta konsep dan rangkuman serta hasil tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan peta konsep dan rangkuman dapat meningkatkan sikap motivasi belajar biologi siswa kelas VIIID SMPN 4 Kepanjen hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah siswa yang menyukai pelajaran biologi dari 14 siswa menjadi 19 siswa menurunnya jumlah siwa yang acuh terhadap biologi dari 16 menjadi 13 siswa dan menurunnya jumlah siswa yang tidak suka pelajaran Biologi dari 5 menjadi 3 orang siswa. Motivasi secara klasikal meningkat dari 57% yang termasuk dalam kategori Cukup pada siklus I menjadi 68% yang termasuk dalam kategori Baik pada siklus II. Penerapan pembelajaran dengan menggunakan peta konsep dan rangkuman juga dapat meningkatkan penguasaan konsep biologi siswa kelas VIIID SMPN 4 Kepanjen terlihat dari meningkatnya nilai rata-rata kelas dari 78 43 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 71 4% pada siklus I menjadi 80 untuk nilai rata-rata kelas dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan peta konsep dan rangkuman dapat meningkatkan sikap motivasi dan penguasaan konsep biologi siswa kelas VIIID SMPN 4 Kepanjen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bahwa Guru dapat menerapkan pembelajaran dengan menggunakan peta konsep dan rangkuman pada pokok bahasan yang lain serta pada jenjang pendidikan yang lain untuk meningkatkan sikap motivasi dan hasil belajar siswa. Dalam penerapan pembelajaran dengan menggunakan peta konsep dan rangkuman guru bisa memberikan peta konsep tersebut sebagai tugas individu terlebih dahulu sebagai bahan acuan untuk pembuatan peta konsep kelompok. Penerapan peta konsep dan rangkuman bisa digabung dengan salah satu metode pembelajaran yang sesuai terutama yang mampu meningkatkan sikap siswa ke arah yang positif karena sikap awal siswa pada suatu pelajaran akan menentukan persepsi mereka pada pelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24725 |
Actions (login required)
View Item |