Pengaruh penerapan strategi pembelajaran (PBMP+TPS dan inkuiri) dan jenis kelamin terhadap hasil belajar dan keterampilan metakognitif siswa sekolah dasar / Riya Soraya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan strategi pembelajaran (PBMP+TPS dan inkuiri) dan jenis kelamin terhadap hasil belajar dan keterampilan metakognitif siswa sekolah dasar / Riya Soraya

Soraya, Riya (2010) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran (PBMP+TPS dan inkuiri) dan jenis kelamin terhadap hasil belajar dan keterampilan metakognitif siswa sekolah dasar / Riya Soraya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci strategi pembelajaran PBMP TPS strategi pembelajaran inkuiri jenis kelamin hasil belajar keterampilan metakognitif Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar (BSNP 2006). Keterampilan metakognitif adalah keterampilan tentang berpikir bagaimana seharusnya berpikir menyadari hal-hal yang telah diketahui dan tidak diketahui serta memonitor dan mengevaluasi kemajuan proses belajar diri sendiri. Keterampilan metakognitif akan membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu strategi yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep IPA adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Inkuiri dan PBMP TPS. Melalui strategi pembelajaran Inkuiri siswa diharapkan dapat menanyakan mengapa suatu peristiwa dapat terjadi dan menelitinya dengan cara mengumpulkan data dan mengolah data secara logis. Pada pelaksanaan proses pembelajaran dengan pola PBMP tidak terdapat proses pembelajaran yang berlangsung informatif seluruhnya dilakukan melalui jalinan pertanyaan yang telah dirancang secara tertulis. PBMP digabungkan dengan strategi pembelajaran kooperatif yaitu strategi Think Pair Share. Penerapan strategi Inkuiri dan PBMP TPS ditujukan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar dan keterampilan metakognitif siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SD Negeri Sumbersari III dan SD Negeri Penanggungan Malang dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa di SD Negeri Sumbersari III Malang dan siswa di SD Negeri Penanggungan Malang tahun pelajaran 2009/2010. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sumbersari III Malang dengan jumlah siswa adalah 35 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan dan siswa kelas IV SD Negeri Penanggungan dengan jumlah siswa adalah 33 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian menggunakan non equivalent group design versi faktorial 2x2. Analisis yang digunakan adalah analisis anakova faktorial. Hasil penelitian tentang hasil belajar siswa menunjukkan bahwa strategi pembelajaran jenis kelamin dan interaksi antara strategi pembelajaran dan jenis kelamin siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Siswa yang difasilitasi dengan pola PBMP TPS memiliki hasil belajar 25 03% lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang difasilitasi dengan strategi Inkuiri. Siswa laki-laki memiliki hasil belajar 17 46% lebih tinggi dibandingkan dengan siswa perempuan. Keterampilan metakognitif juga mencakup tentang kesadaran metakognitif. Strategi pembelajaran (PBMP TPS dan Inkuiri) dan jenis kelamin siswa serta interaksi antara strategi pembelajaran dan jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap kesadaran metakognitif siswa. Akan tetapi hasil ini berbeda dengan keterampilan metakognitif siswa. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran dan jenis kelamin terhadap keterampilan metakognitif sedangkan interaksi antara strategi pembelajaran dan jenis kelamin tidak menunjukkan adanya pengaruh. Siswa yang difasilitasi dengan strategi Inkuiri memiliki keterampilan metakognitif 18 19% lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang difasilitasi dengan pola PBMP TPS. Siswa perempuan memiliki keterampilan metakognitif yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki. Siswa perempuan memiliki keterampilan metakognitif 14 79% lebih tinggi dibandingkan dengan siswa laki-laki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24724

Actions (login required)

View Item View Item