Penerapan asesmen autentik dalam pembelajaran ilmu eksak dan ilmu sosial: studi kasus di universitas negeri malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan asesmen autentik dalam pembelajaran ilmu eksak dan ilmu sosial: studi kasus di universitas negeri malang

Sutadji, Eddy (2022) Penerapan asesmen autentik dalam pembelajaran ilmu eksak dan ilmu sosial: studi kasus di universitas negeri malang. In: Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar, 11 Agustus 2022, Universitas Negeri Malang.

[img] Text
fullteks.pdf

Download (4MB)

Abstract

Metode penilaian penting untuk menciptakan lulusan yang berkualitas dan siap menghadapi dunia nyata. Asesmen autentik dianggap sebagai metode yang paling efektif untuk mencapai hal ini. Penerapan asesmen autentik seringkali bersifat universal. Namun, ada perbedaan antara ilmu eksak dan ilmu sosial. Jika digunakan untuk konstruksi ilmiah yang berbeda, maka asesmen autentik juga harus berbeda. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian implementasi autentik pada kedua bidang ilmu tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini berfokus pada analisis perbedaan pelaksanaan penilaian yang dilakukan, teknik penugasan, komponen penilaian, dan pasca penilaian di Universitas Negeri Malang pada dua bidang ilmu yang berbeda, yaitu ilmu eksak dan ilmu sosial. Populasi dalam penelitian ini adalah 1069 Dosen yang diwakili oleh 270 Dosen sampel. Terdapat 106 (39,26%) sampel Dosen yang mewakili 388 (36,3%) populasi Dosen dari dua fakultas bidang ilmu eksak dan 164 (60,74%) sampel yang mewakili 681 (63,7%) populasi Dosen dari enam fakultas bidang ilmu sosial. Analisis dilakukan dengan membandingkan hasil dari setiap aspek pelaksanaan asesmen pada kedua bidang tersebut. Hampir semua aspek asesmen autentik antara ilmu eksak dan ilmu sosial tidak memiliki perbedaan. Perbedaannya hanya pada bentuk asesmen dan teknik penugasan individu yang dilakukan. Asesmen non-tes yang dilakukan di ilmu sosial lebih tinggi dari kelompok ilmu eksak. Tes umumnya digunakan dalam ilmu eksak dengan menggunakan pertanyaan keterampilan berpikir tingkat tinggi, sedangkan tes unjuk kekrja umumnya digunakan di ilmu sosial.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pidato Guru Besar
Depositing User: Library UM
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:07
Last Modified: 08 Sep 2022 03:07
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2472

Actions (login required)

View Item View Item