Upaya peningkatan life skills siswa kelas 1 di SMA Negeri 4 Malang melalui praktikum pembuatan tempe sebagaimateri praktikum bioteknologi oleh Nur Kusuma Indah - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya peningkatan life skills siswa kelas 1 di SMA Negeri 4 Malang melalui praktikum pembuatan tempe sebagaimateri praktikum bioteknologi oleh Nur Kusuma Indah

Indah, Nur Kusuma (2010) Upaya peningkatan life skills siswa kelas 1 di SMA Negeri 4 Malang melalui praktikum pembuatan tempe sebagaimateri praktikum bioteknologi oleh Nur Kusuma Indah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berclasarkanobservasipadapembelajaranpendahu uanyangdilakukan penelitdi i sMANegeri 4 Malang s ecarau muml i/b skillsy angt erkandungd alam kurututn 2004 atau yang lebih dikenal dengan Kurikulurn Berbasis Kompetensi masihk urangd ikembangkank a renau mumnyam etodep embelajarand ilakukan denganc erumahd an guru hanya menuntut agar siswa menyelesaikanL KS tvtetiOsc eramahju ga tidak mimungkinkan berkembangnyav ttcational skill Bioteknologmi eqanjitan prospek besar dalam pemecahanm asalahA ehidupan sehinggpat at tit urn bioteknologi diharapkand apatm emberikanp engalamany ang nyatak ep da siswa untuk mengembangkank ecakapanh idup (life s // r ). Tempe erupd o produk bioteknologi yang dikenal anak sehari-hari sehingga dapat diangkat sebagai topik praktikum bioteknologi sesuai yang tercantum dalam kurikulum2 004. Penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan liJb skills melalui praktikum pembuatan iempe ini terdiri dari 2 siklus tindakarL yaitu siklus I dan iitctust t. siklus I siswa melaksanakank egiatanp raktikum pembuatante mpe. Sedangkasni klus II siswa melaksanakanp engamatanh asil kegiatan praktikum sertam empresentasikhaans il kegiatanp raktikum.D ata tentangI iJb skillsd icatat dalam format observasi. Hasilp enelitianm enunjukkanb ahwap adap embelajarapne ndahuluajnik a dibandingkandengadnu a siklus tindakan y aitu siklus I maupuns iklus II aspek aspk life skills yangmeliputi personsl skill thinking skill social skill academic .r i// dan vocutionul s r// sudah tampak tercapai oleh siswa dengan persentase yang meningkat. Aspek personal skill pada pembelajaran pendahuluan persentasen3y0a% kemudianp adas iklus I meningkatm enjadi 57 5o/od an pda siklus lI rnergadi 50%. Aspek thinking s i// persentasenya2 2 22Vo pada pembelajarapne ndahuluank e mudianm eningkamt enjadi3 8 5%p adas iklusI dan 49 44o/op ada siklus II. Aspek socral skill persentasenya2 9 23o/op ada pembelajarapne ndahuluank e mudianm eningkatm enjadi 34 420 padas iklus I dan4 3 460p/oa das iklus II. Aspeks cademics kitl padap embelajarapne ndahuluan persentasen2y5a% k emudianp ersentasenytuar un menjadi 11 87%p adas iklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 28 12%. Pada pembelajaran pendahuluan upekvocaional skill samas ekalit idak tercapaoi leh siswa k arenap embelajaran dilakukan dengan ceramah sehingga siswa tidak dibekali dengan kecakapan tv kerja sedangkanp ada siklus I persentasev ocationals r// mencapal6 6 250/o kemudianm eningkamt enjadi7 1 25%p adas iklusI I. Kesimpulanp adap enelitianti ndakank elasi ni adzlahli /L stil/s siswak elas I di SMA Negeri 4 Malang pada materi bioteknologi dapat meningkat melalui prahikum pembuatante mpe.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24718

Actions (login required)

View Item View Item