Tinjauan tentang kesalahan konsep tumbuhan monokotil dan dikotil pada siswa kelas 2 SMU Negeri 5 Madiun dengan menggunakan asesmen kinerja

Putri, Upik Wahyuni Nawang (2010) Tinjauan tentang kesalahan konsep tumbuhan monokotil dan dikotil pada siswa kelas 2 SMU Negeri 5 Madiun dengan menggunakan asesmen kinerja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsepkonsep dalam biologi meliputi konsep abstr-a\ dan kopsep konkrit' Konseptumbuhanmonokotildanoitotitmerupakansalahsatu.-konsepyang i,;"k";, obyek yang dip"dj"tt mudah ditemukan di lingkungan sekiSr' Meskipun konsep tumbuhan monokoltil dan dikotil merupakan konsep yang konkrit' akan tetapi padak enyataannyam asih banyakt erjadi kesalahank onsepp adas iswa' Penelitianit i U"ttuiuunu ntuitm engetahubi anyaknyap ersentaskee salahan konsep pada siswa ,"rtu untut mengJtahui pemahaman konsep tumbuhan ;;;;idi dan dikotil jang banyak terjaai tesalatnn konsep, maka dilakukan penelrtiant erhadaps iswak elas 2 SMU Negeri 5 Madiun' Jenis penelitian Oesttiptif mantitatiC pata diperoleh dgngun menggunakan asesmen kineqa. n*"t*"n line4a yang digunakan menekankan pada aspek p..g"."t"" siiwa terhadapb ahandang ambat,b ahan-bahayna ng diujikan yaitu il."p" biji, akar, daun, batang bunga- serta gambar arntami akar d$t batang tumbuhanm onokotil dan dikotil. Penggunaana sesmenk ineda bertujuanu ntuk *""*l"tt- bahwa konsep tumbuhan monokotil dan dikotil merupakan konsep yang6 "k it, untuk mengeiahuki edalamanp emahamanko nseps iswa.D ata yang Alp":rot.tb erupaju mlahlesalahank onseps iswad iubahm enjadid atap ersentase' p"'rr"ntur"k esalahanko nseps iswad ianalisiss ecarad eskriptif' Hasil penelitianm enunjukkank esalahank onsepp adas iswa:( l) kotiledon pada biji tumbuhan monokotii dan dikotil 42,l}yo, (2) sistem perakaran pada iumbuhan monokotil dan dikotil 49,34%, (3) anatomi akar pada tumbuhan monokotild an dikotil l7,ll%, (4) pertulangand aun padat umbuhanm onokotil dan dikotil 43,950/o(5, ) ruas dan buku pada batangt umbuhanm onokotil dan dikotil 73,68%, (6) anatomi batang pada tumbuhan monokotil dan dikotil 16,23%' (7) bunga pada-iumbuhanm onokotil dan dikotil 11,05o/oK. onsep tumbuhan monokoiil dan Oitotil yang banyak terjadi kemlahan konsep yaitu: (1) ruas dan bukub atangm onokotild and ikotil, (2) sistemp erakarantu mbuhanm onokotild an dikotil, (3;furtulangan daun pada tumbuhan monokotil dan dikotil, (4) kotiledon p' adab i-jsi tuu*mn buhanm onokotild and ikotil yang dapat diberikan sebagaib ahan pertimbangany aitu dalam memberikan konsep monokotil dan dikotil, hendaknya para guru biologi menekankakne khususacni ri pembeday angp entingd an memberikanc ontohy ang bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24713

Actions (login required)

View Item View Item