Penerapan pembelajaran kooperatif dengan think pair share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-E SMAN 1 Turen tahun ajaran 2009/2010 / Wulan Setyorini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif dengan think pair share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-E SMAN 1 Turen tahun ajaran 2009/2010 / Wulan Setyorini

Setyorini, Wulan (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif dengan think pair share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-E SMAN 1 Turen tahun ajaran 2009/2010 / Wulan Setyorini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyorini Wulan. Judul Penerapan Pembelajaran Biologi dengan Think Pair Share untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-E SMAN 1 Turen Tahun Ajaran 2009/2010. Jurusan Biologi. Program Studi Pendidikan Biologi. pembimbing (I) Dra. Sunarmi M.Pd. Pembimbing (II) Sitoresmi Prabaningtyas S.Si. M.Si. Kata Kunci Pembelajaran TPS (Think Pair Share) motivasi belajar hasil belajar. Salah satu tujuan negara kita dalam UUD 1945 adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan tersebut dapat tercapai melalui pembangunan dalam bidang pendidikan. Pembangunan dalam bidang pendidikan ditandai dengan adanya perubahan kurikulum sarana dan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan laju pembangunan. Guru pada kenyataannya masih mengalami kesulitan dalam mewujudkan tujuan KTSP yang sebenarnya. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas X-E SMA Negeri 1 Turen guru cenderung menggunakan metode ceramah dan kerja kelompok dalam jumlah anggota yang besar sehingga kurang mengoptimalkan kemampuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan mengenai kurangnya motivasi siswa dan hasil belajar siswa kelas X-E SMA Negeri 1 Turen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas X-E Semester Gasal Tahun Ajaran 2009-2010 SMA Negeri 1 Turen yang berjumlah 35 siswa terdiri dari 20 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Data yang diperoleh di dalam penelitian ini berupa motivasi dan hasil belajar siswa serta data pendukung berupa aktivitas guru dan catatan lapangan. Motivasi belajar diukur berdasarkan peningkatan rata-rata persentase motivasi siswa pada setiap deskriptor sedangkan hasil belajar siswa diukur berdasarkan hasil tes yang dilakukan pada tiap akhir siklus serta ketuntasan belajar pada masing-masing siklus. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes lembar observasi motivasi siswa lembar pelaksanaan pembelajaran oleh guru dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model pembela-jaran kooperatif TPS (Think Pair Share) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X-E SMA Negeri 1 Turen. Motivasi belajar siswa secara umum dari siklus I sebesar 63% menjadi 82% sehingga mengalami peningkatan sebesar 16 36%. Pada siklus I dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75% (32 dari 35 siswa) sedangkan pada siklus II dengan ketuntasan belajar 93 5% (32 siswa dari 35 siswa). Kelas X-E pada siklus II dapat dinyatakan tuntas belajar karena suatu kelas dapat dinyatakan tuntas belajar apabila ketuntasan belajar secara klasikal minimal 85%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24709

Actions (login required)

View Item View Item