Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing melalui model pembelajaran kooperatif GI (Group Investigation) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Malang pada topik ruang lingkup biologi / Triana Endahsari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing melalui model pembelajaran kooperatif GI (Group Investigation) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Malang pada topik ruang lingkup biologi / Triana Endahsari

Endahsari, Triana (2010) Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing melalui model pembelajaran kooperatif GI (Group Investigation) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Malang pada topik ruang lingkup biologi / Triana Endahsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Endahsari Triana. 2009. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing melalui Pembelajaran Kooperatif GI (Group Investigation) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 2 Malang. Skripsi Program Studi Biologi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M. Si. (II) Drs. Fathurrachman M. Si. Kata kunci inkuiri terbimbing GI (Group Investigation) keterampilan proses sains hasil belajar. SMA Negeri 2 Malang menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sejak tahun ajaran 2007/2008. Upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan di sekolah melalui adanya perubahan orientasi pembelajaran dari belajar yang terpusat pada guru menjadi belajar yang terpusat pada siswa. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 2 Malang pada tanggal 14 dan 21 Juli 2009 sebagian siswa di kelas X kurang menyukai pelajaran Biologi yang cenderung menghafal dan membosankan serta penuh dengan istilah-istilah yang masih asing. Siswa juga belum dibiasakan untuk melakukan keterampilan proses hal ini dibuktikan dengan ketidaktahuan siswa tentang apa yang dimaksud dengan keterampilan proses itu. Hasil belajar siswa juga masih rendah rata-rata di bawah ketuntasan klasikal. Hal ini disebabkan siswa merasa kurang senang dalam mengikuti pembelajaran yang dianggap membosankan dan kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Malang melalui pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model pembelajaran GI. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Malang. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Malang selama bulan Juli hingga Agustus 2009. Penelitian tindakan kelas dilakukan selama 2 siklus. Sebelum dilaksanakan siklus 1 terlebih dulu dilakukan tahap observasi awal dan refleksi awal. Setelah pelaksanaan tindakan dilakukan semua data akan dianalisis untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pada siklus pertama. Kelebihan akan dipertahankan sedangkan kekurangan akan diperbaiki pada siklus kedua. Data penelitian yang dikumpulkan adalah keterlaksanaan pembelajaran yang berupa skor yang diperoleh melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan untuk memonitor keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan peneliti data keterampilan proses sains yang berupa skor yang diperoleh melalui lembar observasi keterampilan proses sains siswa yang diisi oleh observer selama pembelajaran berlangsung serta data hasil belajar kognitif siswa yang berasal dari hasil tes awal dan tes akhir yang dilaksanakan di awal dan akhir siklus. Data tentang keterampilan proses terdiri dari tiga komponen yaitu merencanakan investigasi melaksanakan investigasi serta mengkomunikasikan hasil investigasi. Komponen mengkomunikasikan hasil investigasi terdiri dari dua jenis yaitu secara lisan yang dinilai dengan menggunakan lembar observasi dan secara tertulis dengan menggunakan rubrik penilaian laporan kelompok. Data penunjang lain berupa angket pembelajaran i ii yang digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai metode dan model pembelajaran yang dilakukan. Angket pembelajaran diberikan pada siswa pada akhir siklus 1 agar hasilnya juga dapat digunakan sebagai bahan refleksi siklus 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model pembelajaran kooperatif Group Investigation dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar kognitif siswa. Peningkatan keterampilan proses terjadi pada komponen merencanakan penyelidikan ilmiah pada siklus 1 sebesar 55 74 %dan pada siklus 2 sebesar 65 15 %. Pada komponen melaksanakan penyelidikan ilmiah siklus 1 mencapai 70 03 % dan pada siklus 2 mencapai 80 13 %. Sedangkan pada komponen mengkomunikasikan hasil penyelidikan ilmiah siklus 1 tercapai persentase keberhasilan sebesar 58 91 % dan pada siklus 2 sebesar 87 71 %. Perolehan nilai rata-rata laporan hasil investigasi secara tertulis pada siklus 1 adalah sebesar 67 56 sedangkan untuk siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 12 9 menjadi 80 46. Hasil belajar kognitif mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 hal ini tampak melalui nilai tes awal dan tes akhir yang dilakukan oleh siswa pada siklus 1 dan siklus 2. Perolehan skor hasil belajar siswa yang dilakukan melalui tes awal dan tes akhir mengalami peningkatan dari siklus 1 dan siklus 2 dengan peningkatan skor untuk hasil belajar kognitif dari tes awal ke tes akhir pada siklus 1 adalah sebesar 14 59 dan pada siklus 2 adalah sebesar 8 25. sedangkan persentase siswa yang tuntas pada siklus 1 adalah 75 60 % dan di siklus 2 sebesar 100 %. Tanggapan siswa mengenai metode dan model pembelajaran yang dilakukan adalah 82 18 % dari 41 siswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran yang dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing melalui pembelajaran kooperatif GI dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24701

Actions (login required)

View Item View Item