Pengaruh cara dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi pada kelas X di SMAN 3 Jombang / Farid Gunawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh cara dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi pada kelas X di SMAN 3 Jombang / Farid Gunawan

Gunawan, Farid (2011) Pengaruh cara dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi pada kelas X di SMAN 3 Jombang / Farid Gunawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengaruh Cara Belajar Motivasi Belajar Prestasi Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Cara belajar merupakan suatu cara bagaimana siswa melaksanakan kegiatan belajar misalnya bagaimana mereka mempersiapkan belajar mengikuti pelajaran aktivitas belajar mandiri yang dilakukan pola belajar mereka cara mengikuti ujian. Cara belajar yang baik akan menyebabkan berhasil dalam belajar dan sebaliknya cara belajar yang buruk akan menyebabkan kurang berhasil atau gagalnya belajar. Banyak siswa yang memperoleh nilai tidak sesuai dengan yang diharapkan karena cara belajar yang salah seperti belajar ketika ada ujian saja belajar sambil menonton televisi belajar secara berlebihan dan lain-lain. Ketika di sekolah siswa lebih cenderung menantikan jam istirahat daripada jam pelajaran di kelas. Bahkan banyak diantaranya yang menganggap jam kosong pelajaran sebagai jam istirahat tambahan bukan sebagai jam pelajaran yang sebenarnya. Ketika di rumah sebagian besar dari siswa lebih banyak menghabiskan waktu untuk menonton TV ataupun radio. Bahkan ada pula yang sampai tidak mengerjakan pekerjaan ruma yang ditugaskan oleh guru di sekolah. Buruknya cara belajar merupakan salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar sehingga menyebabkan menurunnya mutu pendidikan. Oleh karena itu siswa harus mengetahui cara belajar yang baik sehingga bisa memberikan hasil yang maksimal sesuai dengan harapan. Selain itu dalam proses belajar mengajar motivasi sangat besar peranannya terhadap prestasi belajar. Karena dengan adanya motivasi dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Bagi siswa yang memiliki motivasi yang kuat akan mempunyai keinginan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Motivasi sangat berperan dalam belajar dengan motivasi inilah siswa menjadi tekun dalam proses belajar mengajar dan dengan motivasi itu pula kualitas hasil belajar siswa dapat diwujudkan dengan baik. Kurangnya motivasi belajar oleh siswa secara intrinsik maupun ekstrinsik menyebabkan pengaruh negatif pada hasil belajar. Kebanyakan dari siswa belum menyadari adanya pengaruh yang signifikan dari motivasi. Motivasi yang kuat dalam diri siswa akan meningkatkan minat kemauan dan semangat yang tinggi dalam belajar karena antara motivasi dan semangat belajar mempunyai hubungan yang erat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang diberikan cara belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar baik secara parsial maupun secara bersama-sama. Dengan mengetahui seberapa besar pengaruh antar variabel tersebut maka penelitian ini dapat berguna nantinya secara obyektif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 3 Jombang pada kelas X Semester Genap tahun ajaran 2010/2011. Dari hasil analisis data uji parsial (Uji T) diketahui untuk variabel cara belajar siswa diperoleh nilai t hitung sebesar 3 299. Pada taraf signifikansi 5% dengan dk n-k-1 72-2-1 diperoleh ttabel 2 00. Terlihat bahwa nilai t hitung ttabelyang berarti terdapat pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Sumbangan Efektif sebesar 35%. Sedangkan dari hasil uji parsial (Uji T) untuk variabel motivasi belajar diperoleh nilai sebesar 5 126 yang jauh lebih besar dari pada ttabel yang bernilai 2 00. Hal ini berarti menyatakan terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Sumbangan Efektif sebesar 46%. Dari hasil analisis tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh dari motivasi belajar lebih besar dibanding cara belajar terhadap prestasi belajar. Saran yang diajukan adalah hendaknya siswa lebih memperhatikan cara belajar dan motivasi belajarnya. Cara belajar dan motivasi belajar yang baik juga hendaknya diberikan oleh pihak-pihak lain di sekolah maupun di rumah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item View Item