Penugasan pembuatan poster sistem reproduksi tumbuhan sebagai bentuk pembelajaran konstruktivisme untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi di kelas 2 SMUN 2 Malang oleh Nur Umami Rosidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penugasan pembuatan poster sistem reproduksi tumbuhan sebagai bentuk pembelajaran konstruktivisme untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi di kelas 2 SMUN 2 Malang oleh Nur Umami Rosidah

Rosidah, Nur Umami (2009) Penugasan pembuatan poster sistem reproduksi tumbuhan sebagai bentuk pembelajaran konstruktivisme untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi di kelas 2 SMUN 2 Malang oleh Nur Umami Rosidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemberiantu gask epadas iswat idak hanyas ebatasm enyuruhs iswa mengerjakasno al-soalt e tapi siswajugad apatd itugaskanu ntuk mencaris uber pustakam embacam enganalisisin formasiy ang diperoleh k emudian menyusunnydaa lamb entukp oster.P osters ebagasi uatub entukh asil belalar siswas ekaligusm ediau ntuk mengkomunikasikapne mahamank epadat emanl ain dipilihd enganm aksudb ahwap ostery angd itugaskank epadas iswad iharapkan dibuats iswad enganm emanfaatkanb erbagais umberi nformasiy angb ervariasi. Denganp enugasanp embuatanp oster s tswad iarahkan untuk mencari informasi sendirtie ntangm ateriy anga kand ibahasm elalui sumber-sumbedra n sarana belalars ebanyakm ungkins ehinggad apatm enemukand an membangun konsepnysae ndrris ebagasi alahs atub utir pentingd alamp embelajaran konstruktivisme Penelitiand ilakukanu ntukm engu. ki eefelctifanm etodep emberiant ugas pembuatapno sterp adaS istemR eproduksTi umbuhan.T ujuanp enelitiani nr adalah1 ) untuk mengetahupi rosesp embelalarand enganm enggunakanm etode penugasapne mbuatanp oster 2 ) untuk mengetahuki eterampiland an kreativitas sisrvad alamm enyelesaikatnu gasp embuatanp osterd alamp embelajaranm ateri SistemR eproduksTi umbuhan 3 ) untuk mengetahuai ktivitass iswas elamap roses pembelajaranm ateri SistemR eproduksiT umbuhan denganm enggunakanm etode penugasapne mbuatanp oster 4 ) untukm engetahupi enguasaakno nseps iswa dalamp embelajaranm ateri SistemR eproduksiT umbuhand enganm enggunakan metodep enugasanp embuatanp oster 5 ) untuk mengetahutia nggapans isrva terhadap embelajaranm ateri SistemR eproduksTi umbuhand engan menggunakamn etodep enugasapne mbuatanp oster 6 ) untuk mengetahui tanggapagnu ru terhadapp embelajaranm ateri SistemR eproduksTi umbuhan denganm enggunakanm etodep enugasanp embuatanp oster. Jenisp enelitiani ni adalahP TK (PenelitianT indakanK elas)y angd ilakukan dalamd ua siklus.S etiaps iklust erdiri dari tahap-tahapp erencanaatnin dakan pelaksanaatnin dakan o bservasid an refleksi.S ubyekp enelitiana dalahs iswa kelas2 -1 dan2-3 SMU Negeri4 Malang Pengumpuland atad ilakukand engan menggunakatne s p anduano bservasif o rmat penilaian d an angketu ntuk guru dan siswa. Analisis data dilakukan melalui kategori data validasi data dan interpretasdi ata. Datah asilp enelitianm enunjukkanb ahwa 1 ) pembelajarand enganm etode penugasapne mbuatanp oster diawali dengank egiatan penugasanp ada pertemuan pertamak e giatani nti vaitu pengerjaantu gasp embuatanp ostero leh sisway ang dilakukadni luarjam pelajarand ank egiatanp emantapadna np engembangan melalupir esentadsis kuspi adap ertemuakne duad ank etiga 2 ) keterampiladna n kreativitassis wad alamp enyelesaiatnu gasp embuatanp osterd iukurb erdasarkan 6 aspepke nilaiany a ituk elengkapakno mponens u mberu jukani s i artikel ulasa(nt anggapank) r eativitasd ank eberadaagna mbar p adas iklusI I keterampiladna nkreativitas iswad alamp embuatanp ostert elahm engalami peningkatadnib andingp adas iklusI 3) aktivitass iswad alamp embelajaran biologdi enganm enggunakamn etodep enugasapne mbuatanp osterm eliputr aktivitaps adas aatp enugasapne mbuatanp oster p adas aatp nge4aanp oster d an padas aatk egiatanp resentasdi iskusi a ktivitass iswap adas aatp enugasan pembuatapno sterd an padas aatp resentasdii skusip adas iklusI I lebiht inggi dari siklusI 4) penguasaakno nseps iswad ilihatd arin ilai akhirs isway angd iperoleh darip enghitungannil ai posterd ann ilai postess iswa r eratan ilai akhir siswap ada siklusII sebesa7r5 99l ebiht inggid aris iklusI yaitus ebesa7r2 56 5)t anggapan siswate rhadapp enerapamn etodep enugasapne mbuatanp osters ecarau mum positify aitua ntarala in siswam erasab ahwam etodep enugasapne mbuatanp oster menyenangkadna nb isad ijadikanv ariasik egiatanp embelajarasne hingga pembelajaratind ak monoton h anyab eberapas iswam erasate rbebandi engan penerapamne todep enugasapne mbuatanp oster 6 ) tanggapang urut erhadap penerapamne todep enugasapne mbuatanp osterc ukupp ositif gurub eranggapan bahwam etodete rsebudt apatm ernbuast iswaa ktif bekerjad alamm encaris umber pustakdaa nm engemukakapne ndapadt alamd iskust.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Dec 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24692

Actions (login required)

View Item View Item