Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk mengembangkan tingkat berpikir dan meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI MA Al-Hidayah Donowarih Karangploso Malang / Fery Sulistiyaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk mengembangkan tingkat berpikir dan meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI MA Al-Hidayah Donowarih Karangploso Malang / Fery Sulistiyaningsih

Sulistiyaningsih, Fery (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk mengembangkan tingkat berpikir dan meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI MA Al-Hidayah Donowarih Karangploso Malang / Fery Sulistiyaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi awal di MA Al-Hidayah Donowarih Malang diketahui tingkat berpikir dan hasil belajar siswa kelas XI masih relatif rendah. Tingkat berpikir siswa dapat dilihat dari pertanyaan siswa yang masih tergolong tingkat rendah. Data awal berdasarkan skor Ujian Akhir Semester masih rendah yakni sebesar 5 88%. Tingkat berpikir dan hasil belajar yang masih rendah ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang diterapkan masih menggunakan metode ceramah dan kurang adanya variasi dalam pembelajaran. Pada beberapa penelitian sebelumnya yakni penelitian yang dilakukan oleh Sutiyani (2008) dan Utami (2007) diperoleh bahwa penerapan pembelajaran model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan oleh Umaroh (2005) menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model jigsaw dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Keunggulan pembelajaran kooperatif model jigsaw meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap pembelajarannya sendiri dan juga pembelajaran orang lain. Model pembelajaran jigsaw merupakan salah satu model yang dapat digunakan untuk mengembangkan tingkat berpikir dan meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk 1) mengembangkan tingkat berpikir siswa dan 2) meningkatkan hasil belajar Biologi siswa. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas XI MA Al-Hidayah Donowarih Karangploso Malang dan pokok bahasan Sistem Pencernaan pada Manusia. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan tingkat berpikir siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dan 2) meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat 1) mengembangkan tingkat berpikir siswa dari siklus I ke siklus II dimana pada siklus I siswa masih belum terbiasa dengan model Jigsaw sehingga pertanyaan- pertanyaan yang muncul masih sedikit namun pada siklus II siswa sudah terbiasa dengan model pembelajaran yang diterapkan yakni ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan siswa yang termasuk tingkat berpikir tinggi dan 2) meningkatkan hasil belajar Biologi siswa. Data hasil belajar Biologi siswa yang diambil dari hasil UAS tes siklus I dan tes siklus II menunjukkan peningkatan yakni pada data awal diperoleh persentase hasil belajar sebesar 5 88% dan pada siklus I meningkat menjadi 23 53%. Pada siklus II persentase hasil berpikir meningkat menjadi 82 35%. Penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat mengembangkan tingkat berpikir dan meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan pembelajaran model Jigsaw tingkat berpikir siswa menjadi berkembang dan hasil belajar siswa juga meningkat. Guru hendaknya juga harus lebih kreatif dalam menggunakan model dan media pembelajaran yang variatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24688

Actions (login required)

View Item View Item