Sudha, Candra Ari (2010) Penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dan pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams-Achievement Divisions) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X5 SMA Negeri 8 Malang / Candra Ari Sudha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sudha Candra Ari. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah dan Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Teams-Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X5 SMA Negeri 8 Malang. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Susetyoadi Setjo M.Pd (II) Drs. Sulisetijono M.Si. Kata Kunci Motivasi Hasil Belajar Pembelajaran Berdasarkan Masalah STAD Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia. Tiga hal utama yang perlu disoroti dalam perbaikan mutu pendidikan yaitu pembaharuan kurikulum peningkatan kualitas pembel- ajaran dan efektivitas metode pembelajaran. Metode pembelajaran di kelas harus efektif dan mampu memberdayakan potensi siswa. Akan tetapi berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMAN 8 Malang diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan di kelas masih bersifat konvensional yaitu dengan metode ceramah yang berorientasi pada guru (teacher centered) sehingga kurang memberdayakan potensi siswa. Hal ini berakibat pada motivasi belajar siswa rendah sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang juga rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran berdasarkan masalah dan pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams- Achievement Divisions) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas X5 SMA Negeri 8 Malang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X5 semester II tahun ajaran 2008-2009 SMA Negeri 8 Malang yang berjumlah 34 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juli 2009. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran lembar observasi motivasi soal tes/kuis kamera dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dan pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams- Achievement Divisions) dengan tahapan presentasi kelas belajar kelompok mengembangkan dan menyajikan laporan evaluasi dan penghargaan kelompok secara umum dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas X5 SMA Negeri 8 Malang. Dari paparan data dan temuan penelitian diketahui bahwa motivasi belajar klasikal keseluruhan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 16 89% dibandingkan dengan siklus I. Hasil belajar siswa dapat diketahui dari dari tes yang diadakan setiap siklus. Ketuntasan belajar klasikal dari siklus I ke siklus II meningkat 20 59%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dan pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas X5 SMA Negeri 8 Malang. Saran dari penelitian ini i adalah sebaiknya dilakukan penelitian sejenis pada kompetensi dasar yang lain guna mengetahui keberhasilan penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dan pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams-Achievement Divisions) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sebaiknya pemicu masalah yang diberikan bagi siswa bersifat lebih nyata dan inovatif untuk lebih meningkatkan meningkatkan motivasi belajar siswa sebaiknya guru Biologi juga menerapkan model pembelajaran berdasarkan masalah dan pembelajaran kooperatif STAD.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24683 |
Actions (login required)
View Item |