Wardani, Lungit Eka (2010) Dampak kegiatan lesson study dalam meningkatkan motivasi belajar biologi siswa di beberapa SMA dan SMP Pasuruan / Lungit Eka Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wardani Lungit Eka. 2009. Dampak Kegiatan Lesson Study dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Biologi Siswa di Beberapa SMA dan SMP Pasuruan. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D (II) Dra. Sri Rahayu Lestari M.Si. Kata kunci Lesson Study motivasi belajar. Berdasarkan hasil observasi peneliti di SMA wilayah Kota Pasuruan Lesson Study MGMP baru dilaksanakan selama 2 semester sedangkan untuk di SMP wilayah Kecamatan Beji sudah dilaksanakan Lesson Study MGMP selama 3 tahun. Penelitian ini dilakukan di dua wilayah yang berbeda yaitu di wilayah Kota Pasuruan dan Kabupaten Pasuruan. Kegiatan Lesson Study yang dilakukan secara berkesinambungan diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar biologi siswa. Berdasarkan hasil wawancara kendala utama yang dihadapi oleh guru dalam pembelajaran biologi adalah sulitnya membuat siswa menjadi aktif dan termotivasi dalam setiap kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Untuk mengungkap permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian untuk mengetahui dampak kegiatan lesson Study dalam meningkatkan motivasi belajar biologi siswa di beberapa SMA dan SMP Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Peneliti menjadi bagian dari grup Lesson Study dan research lesson. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa di SMA Negeri 3 Pasuruan siswa kelas XI-IPA 2 dan SMA Muhammadiyah Pasuruan siswa kelas X-2 sedangkan untuk di SMP Dzun Nur ain Beji kelas VII dan VIII dan siswa SMP Negeri 2 Gempol kelas VIII B dan VIII D. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa motivasi belajar siswa serta data pendukung. Motivasi belajar siswa diukur berdasarkan peningkatan rata-rata persentase motivasi belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi motivasi belajar siswa angket motivasi belajar siswa respons siswa terhadap pelaksanaan Lesson Study monitoring pelaksanaan Lesson Study pada saat Plan Do dan See lembar observasi pembelajaran dalam Lesson Study dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kegiatan Lesson Study dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di beberapa SMA dan SMP Pasuruan. Peningkatan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata persentase motivasi belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan dari 34 2% (kurang) sebelum OL menjadi 62 5% (baik) setelah OL di beberapa SMA Wilayah Kota Pasuruan sedangkan untuk di beberapa SMP Wilayah Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan terjadi peningkatan dari 54 2% (cukup) pada saat OL menjadi 70 9% (baik) setelah OL.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24680 |
Actions (login required)
View Item |