Dampak kegiatan lesson study dalam meningkatkan kompetensi pedagogis guru biologi di beberapa SMA Kota Pasuruan / Yeny Sugiarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak kegiatan lesson study dalam meningkatkan kompetensi pedagogis guru biologi di beberapa SMA Kota Pasuruan / Yeny Sugiarti

Sugiarti, Yeny (2010) Dampak kegiatan lesson study dalam meningkatkan kompetensi pedagogis guru biologi di beberapa SMA Kota Pasuruan / Yeny Sugiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sugiarti Yeny. 2009. Dampak Kegiatan Lesson Study dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogis Guru Biologi di Beberapa SMA Kota Pasuruan . Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D (II) Dra. Eko Sri Sulasmi M.S. Kata kunci Dampak Lesson Study Kompetensi Pedagogis Guru Biologi. Lesson Study merupakan model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning serta membangun learning community. Lesson Study dapat memberikan sumbangan terhadap pengembangan keprofesionalan guru. Upaya meningkatkan kualitas guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran melalui Lesson Study yang berkesinambungan diharapkan mampu mengatasi masalah pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dampak kegiatan Lesson Study terhadap peningkatan keprofesionalan guru baik yang pernah menjadi guru model maupun yang belum pernah menjadi guru model serta mendeskripsikan respons guru mengenai kegiatan Lesson Study. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga orang guru model dan tiga orang non guru model dalam kegiatan Lesson Study yang mengajar bidang studi Biologi yang tergabung dalam Tim MGMP Biologi SMA Kota Pasuruan. Peneliti terlibat langsung dengan aktivitas subjek yang diamati dalam pelaksanaan tahapan kegiatan Lesson Study yaitu plan do dan see. Peneliti dibantu oleh seorang observer. Peneliti dan observer tersebut melakukan observasi dan penilaian terhadap keprofesionalan guru pada saat sebelum dan setelah kegiatan Lesson Study. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian kemampuan menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) lembar penilaian kemampuan mengajar angket respons guru terhadap pelaksanaan kegiatan Lesson Study dan lembar observasi pembelajaran dalam kegiatan Lesson Study. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap keprofesionalan guru yang pernah menjadi guru model dan belum pernah menjadi guru model. Rata-rata persentase tingkat penguasaan kompetensi pedagogis guru dari kelompok guru yang pernah menjadi guru model sebelum Lesson Study mencapai 63 37% dan setelah Lesson Study naik menjadi 71 99% yang artinya terjadi kenaikan sebesar 8 62%. Rata-rata persentase tingkat penguasaan kompetensi pedagogis guru dari kelompok guru yang belum pernah menjadi guru model sebelum Lesson Study mencapai 66 87% dan setelah Lesson Study naik menjadi 76 69% yang artinya terjadi kenaikan sebesar 9 82%. Guru yang tergabung dalam Tim MGMP Kota Pasuruan menunjukkan respons positif (setuju) terhadap kegiatan Lesson Study. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kegiatan Lesson Study berdampak dalam meningkatkan kompetensi pedagogis guru biologi yang tergabung dalam Tim MGMP Biologi SMA Kota Pasuruan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24679

Actions (login required)

View Item View Item