Penerapan model pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Soko Tuban / Masfufatul Jannah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Soko Tuban / Masfufatul Jannah

Jannah, Masfufatul (2009) Penerapan model pembelajaran kooperatif numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 1 Soko Tuban / Masfufatul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jannah Masfufatul. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI-IPA1 SMA Negeri I Soko Tuban. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Susetyoadi Setjo M.Pd dan (II) Dra. Titi Judani M.Kes Kata Kunci Numbered Heads Together Motivasi Belajar Prestasi Belajar Berdasarkan observasi dan hasil wawancara dengan guru bidang studi Biologi di SMA Negeri I Soko Tuban diketahui bahwa motivasi dan prestasi belajar sebagian besar siswa dalam mata pelajaran Biologi tergolong masih rendah. Proses pembelajaran Biologi di SMA Negeri I Soko Tuban sebenarnya sudah cukup baik hanya saja aplikasi pembelajaran yang mengarahkan pada kemandirian siswa masih belum dapat dikembangkan sebagaimana yang diharapkan oleh KTSP. Ketergantungan siswa terhadap guru dalam proses pembelajaran masih sangat tinggi. Hal itu karena proses pembelajaran di kelas masih menggunakan metode ceramah tanya jawab atau membahas Lembar Kerja Siswa (LKS) sehingga siswa tidak terlalu aktif dalam pembelajaran dan kurang menimbulkan motivasi dalam diri siswa untuk belajar Biologi. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar Biologi siswa kelas XI-IPA1 SMA Negeri I Soko Tuban melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dua siklus dengan pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2009 sampai 15 Mei 2009. Data penelitian berupa motivasi belajar siswa diperoleh melalui observasi selama penelitian sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 64 39% yang termasuk dalam kategori cukup sedangkan pada siklus II motivasi belajar siswa meningkat menjadi 83 66% yang termasuk dalam kategori baik. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 19 27%. Prestasi belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus I skor rata-rata kelas sebesar 67 00 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 68 29% sedangkan pada siklus II skor rata-rata kelas meningkat menjadi 71 71 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90 24%. Skor rata-rata kelas mengalami peningkatan sebesar 4 71 sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 21 95%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Biologi siswa kelas XI-IPA1 SMA Negeri I Soko Tuban dan dapat disarankan bahwa guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together pada pokok bahasan yang lain (selain sistem indera) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Biologi siswa. Guru dapat menggabungkan model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together atau pembelajaran kooperatif yang lain dengan kegiatan praktikum untuk menghindari perasaan bosan pada siswa. Guru diharapkan lebih giat memantau jalannya diskusi kelompok agar siswa tidak berbicara di luar materi pelajaran dan bercanda dengan temannya sehingga fokus perhatian siswa tertuju pada kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24670

Actions (login required)

View Item View Item