Penerapan contextual teaching and learning (CTL) dengan metode kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Malang / Muhamad Fajar Buana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan contextual teaching and learning (CTL) dengan metode kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Malang / Muhamad Fajar Buana

Buana, Muhamad Fajar (2010) Penerapan contextual teaching and learning (CTL) dengan metode kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Malang / Muhamad Fajar Buana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Buana Muhamad Fajar. 2009. Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Metode Kooperatif Model Numbered Heads Together (NHT) un tuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Pendidkan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S (II) Dra. Hj. Nursasi Handayani M.Si. Kata kunci contextual teaching and learning numbered heads together motivasi belajar hasil belajar kognitif biologi. Motivasi belajar dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) meru pakan salah satu aspek penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kualitas hasil belajar yang baik sangat berhubungan erat dengan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Malang menunjukkan bahwa siswa kurang memiliki motivasi belajar yang berdampak pada hasil belajar kognitif siswa yang rendah. Oleh karena itu diperlukan adanya proses pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi dan hasil bela jar kognitif siswa. Penerapan CTL dengan me tode kooperatif model NHT merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif biologi di ke las XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Malang. Keunggulan CTL adalah pembela jaran berlangsung alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan mengalami se hingga mampu menumbuhkan motivasi belajar daya nalar rasa keingintahuan hasrat menemukan hal-hal baru dan menumbuhkan kreativitas berpikir yang akhirnya mampu meningkatkan hasil belajar siswa. NHT merupakan struktur yang melibatkan banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam pembelajaran dan memeriksa pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut. Model ini mempunyai prosedur yang ditetapkan secara eksplisit untuk memberi waktu le bih banyak berpikir menjawab dan saling membantu antar siswa dalam kelom pok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif-kuantitatif. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan penelitian pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester genap tahun ajaran 2008-2009 SMA Muhammadiyah 1 Malang yang berjumlah 7 orang. Penelitian dilak sanakan pada bulan Maret sampai Agustus 2009. Instrumen yang diguna kan da lam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru cata tan lapangan lem bar observasi motivasi belajar dan tes hasil belajar. Motivasi bela jar siswa diobser vasi menggunakan lembar observasi motivasi belajar siswa sedangkan hasil bela jar kogni tif diperoleh dari tes hasil belajar di akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan Motivasi Belajar Klasikal Keseluruhan (MBkk) yaitu 43% (siklus I) menjadi 86% (siklus II). Peningkatan MBkk juga diikuti peningkatan Motivasi Belajar Klasikal setiap Indikator Motivasi (MBksi) meliputi minat 14% (siklus I) menjadi 57% (siklus II) perhatian 57% (siklus I) menjadi 86% (siklus II) konsentrasi 86% (siklus I) menjadi 100% (siklus II) dan ketekunan 43% (siklus I) menjadi 100% (siklus II). Hasil Belajar Kognitif Klasikal (HBKk) biologi siswa juga menunjukkan peningkatan secara klasikal yaitu 71% (siklus I) menjadi 86% (siklus II). Peningkatan juga terlihat pada rata-rata Nilai Tes Belajar Individu (NTBi) siswa yaitu 74 82 (siklus I) menjadi 79 42 (siklus II). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan CTL dengan Metode Kooperatif Model NHT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Malang. Saran dari penelitian ini adalah sebaiknya dalam penerapan CTL dengan metode kooperatif model NHT guru melakukan secara berkesinambungan dan teratur sehingga mampu mempercepat adaptasi/penyesuaian siswa terhadap kondisi belajar.dan penelitian ini dapat dijadikan alternatif oleh guru/peneliti yang lain untuk melaksanakan penelitian yang serupa pada materi dan sekolah yang berbeda sehingga dapat dijadikan pembanding bagi penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24668

Actions (login required)

View Item View Item