Strategi pembelajaran tari glipang menggunakan metode tutor sebaya di kelas X SMA Negeri Paiton Kabupaten Probolinggo / Fitrianadewi Noor Indah Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pembelajaran tari glipang menggunakan metode tutor sebaya di kelas X SMA Negeri Paiton Kabupaten Probolinggo / Fitrianadewi Noor Indah Sari

Sari, Fitrianadewi Noor Indah (2019) Strategi pembelajaran tari glipang menggunakan metode tutor sebaya di kelas X SMA Negeri Paiton Kabupaten Probolinggo / Fitrianadewi Noor Indah Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Fitrianadewi Noor Indah. 2019. Strategi Pembelajaran Tari Glipang Menggunakan Metode Tutor Sebaya di Kelas X SMA Negeri 1 Paiton Kabupaten Probolinggo. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ninik Harini M.Sn (II) Hartono S.Sn M.Sn Kata Kunci Strategi Pembelajaran Tari Glipang Metode Tutor Sebaya Kelas X SMA Negeri 1 Paiton Strategi pembelajaran adalah rencana tindakan termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan pelajaran. Tari Glipang merupakan tarian khas masyarakat Probolinggo. SMA Negeri 1 Paiton ini merupakan salah satu sekolah yang mengajarkan tari Glipang sebagai pembelajaran di kelas khususnya mata pelajaran seni budaya dan memiliki guru yang berkompeten di bidang seni. Maka dari itu dibutuhkan strategi yang tepat dalam pembelajaran tari Glipang agar peserta didik lebih mencintai budaya lokal yang harus dilestarikan. Berdasarkan latar belakang tersebut permasalahan yang dikaji di dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana strategi pembelajaran tari Glipang menggunakan metode tutor sebaya di kelas X SMA Negeri 1 Paiton Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran tari Glipang menggunakan metode tutor sebaya di kelas X SMA Negeri 1 Paiton. Hasil data yang ingin dipaparkan antara lain adalah hasil wawancara observasi serta dokumentasi mengenai strategi pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran tari Glipang menggunakan metode tutor sebaya di kelas X SMA Negeri 1 Paiton Kabupaten Probolinggo. Pendekatan penelitian yang digunakan untuk mengkaji strategi pembelajaran tari Glipang adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran tari Glipang yang digunakan oleh oleh guru seni budaya antara lain strategi perencanaan strategi pelaksanaan dan strategi pengelolaan. Strategi perencanaan meliputi tujuan materi metode media dan penilaian. Strategi pelaksanaan meliputi kegiatan awal kegiatan inti dan kegiatan penutup. Strategi pengelolaan meliputi pengelolaan ruang dan pengelolaan siswa. Kesimpulan yang didapat melalui penelitian ini memuat tiga hal yaitu perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran serta pengelolaan pembelajaran. Diharapkan penelitian ini dapat dikembangkan dengan penelitian serupa agar dapat memperoleh pengetahuan yang lebih banyak mengenai strategi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Tari dan Musik
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/246580

Actions (login required)

View Item View Item