Penerapan siklus belajar (learning cycle) dengan menggunakan peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Batu / Dyan Rifiana Malikha - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan siklus belajar (learning cycle) dengan menggunakan peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Batu / Dyan Rifiana Malikha

Malikha, Dyan Rifiana (2010) Penerapan siklus belajar (learning cycle) dengan menggunakan peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Batu / Dyan Rifiana Malikha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Malikha Dyan Rifiana. 2009. Penerapan Siklus Belajar (Learning Cycle) dengan Menggunakan Peta Konsep untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Kelas X-1 SMAN 2 Batu. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Soewolo M.Pd dan (II) Dra. Amy Tenzer M.S. Kata Kunci Siklus Belajar (Learning Cycle) Peta Konsep Motivasi Belajar Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Batu pada tanggal 19 Februari 2009 sampai tanggal 5 Maret 2009 di kelas X.1 terhadap kegiatan pembelajaran Biologi diperoleh informasi bahwa keaktifan dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih rendah hanya sekitar 25 % siswa yang aktif dalam pembelajaran. Banyak siswa yang masih ramai ketika guru menjelaskan di depan kelas. Guru masih sering menggunakan metode ceramah dan keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan masih kurang walaupun guru sering memberikan kesempatan siswa untuk mengajukan pertanyaan. Berdasarkan daftar nilai siswa pada ulangan harian sebelumnya diketahui bahwa sekitar 70% siswa yang tuntas belajar. Perubahan dalam penggunaan strategi pembelajaran dalam kelas perlu dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan pembelajaran model siklus belajar dengan menggunakan peta konsep. Pembelajaran model siklus belajar ini melalui enam fase yaitu menyampaikan tujuan pembelajaran engage eksplorasi eksplanasi ekspansi evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Batu melalui penerapan siklus belajar (Learning Cycle) dengan menggunakan peta konsep. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2009 sampai dengan 27 Mei 2009. Data penelitian berupa motivasi belajar siswa yang diperoleh melalui observasi selama penelitian sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi (minat perhatian konsentrasi dan ketekunan) belajar Biologi siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Batu adalah 61 25% yang termasuk dalam kategori baik pada siklus I menjadi 81% yang termasuk dalam kategori sangat baik pada siklus II. Hasil belajar Biologi siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Batu menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 80 56% dengan skor rata-rata kelas 78 5 pada siklus I menjadi 94 5% dengan skor rata-rata kelas 82 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran siklus belajar (Learning Cycle) dengan menggunakan peta konsep dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Batu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bahwa dalam melaksanakan siklus belajar yang baik harus sesuai dengan sintaks agar proses ii pembelajaran dapat melibatkan siswa dalam kegiatan belajar yang aktif sehingga terjadi proses asimilasi akomodasi dan organisasi dalam struktur kognitif siswa. Dalam pembuatan peta konsep sebaiknya guru harus membelajarkan peta konsep dahulu kepada siswa disertai dengan memberikan contoh peta konsep yang benar dan siswa harus sering dilatih agar mendapatkan peta konsep yang baik. Pembelajaran model siklus belajar dengan peta konsep dapat dilaksanakan pada semua jenjang pendidikan karena model siklus belajar dapat mengajak siswa untuk berpikir secara maksimal sehingga tingkat pemahaman siswa terhadap konsep yang dipelajari menjadi lebih meningkat dan dengan peta konsep akan membantu siswa mencapai hasil pembelajaran yang berkualitas tinggi serta bermakna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24657

Actions (login required)

View Item View Item