Penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X-5 SMA Negeri 4 Malang / Lilis Pitriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X-5 SMA Negeri 4 Malang / Lilis Pitriani

Pitriani, Lilis (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair Share) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X-5 SMA Negeri 4 Malang / Lilis Pitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pitriani Lilis. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 4 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Drs. Triastono Imam Prasetyo M.Pd 2) Dra. Sri Rahayu Lestari M.Si Kata Kunci Model Pembelajaran Kooperatif TPS (Think Pair Share) Motivasi Belajar Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi peneliti pada tanggal 20 24 27 April 2009 dan 1 Mei 2009 di kelas X-5 SMA Negeri 4 Malang diperoleh data bahwa pembelajaran di kelas lebih sering menggunakan metode ceramah. Metode ceramah yang selama ini digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas kurang menarik minat siswa. Pembelajaran ceramah tidak melibatkan siswa secara langsung sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan rendahnya motivasi belajar biologi siswa yang berdampak pada rendahnya hasil belajar biologi siswa. Untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi maka dilakukan penelitian dengan judul Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 4 Malang . Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam II siklus dengan materi Ekosistem . Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan motivasi belajar siswa 2) meningkatkan hasil belajar siswa 3) menerapkan model TPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TPS 1) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terlihat dari persentase rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 73 68% yang termasuk dalam kategori baik sedangkan pada siklus II sebesar 91 10% dengan kategori taraf keberhasilan sangat baik 2) dapat meningkatkan hasil belajar dari sebelum tindakan hingga setelah tindakan dengan pembelajaran TPS pada siklus I dan siklus II sebelum siklus diperoleh rerata 63 07 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 7 14% rerata siklus I 69 93 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 39 02% pada siklus II meningkat menjadi 77 43 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 57 14% 3) pembelajaran kooperatif model TPS terdiri dari tiga tahap yaitu tahap Think Pair dan Share. Tahap Think yaitu dengan memberikan pertanyaan pada LKS dan dan siswa dituntut untuk berpikir sendiri/mandiri untuk menjawab pertanyaan tersebut. Tahap Pair yaitu siswa berdiskusi dengan pasangannya (2 atau 4 orang) untuk menjawab LKS dan tahap Share yaitu diskusi kelas. Siswa bersama pasangannya mempresentasikan hasil jawabannya didepan kelas. Saran dari penelitian ini adalah sebaiknya guru meminta siswa untuk menuliskan pertanyaannya dikertas bagi siswa yang belum sempat mengutarakan pertanyaan pada saat diskusi kelas (tahap share) dan pertanyaan tersebut akan dijawab guru pada pertemuan selanjutnya serta hasil jawaban Lembar Kerja Siswa (LKS) dapat digunakan sebagai skor kontribusi dalam menetapkan nilai akhir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24654

Actions (login required)

View Item View Item