Penerapan model pembelajaran koopeartif numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI-A1 SMA Negeri 6 Malang / Purbo Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran koopeartif numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI-A1 SMA Negeri 6 Malang / Purbo Rahayu

Rahayu, Purbo (2009) Penerapan model pembelajaran koopeartif numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI-A1 SMA Negeri 6 Malang / Purbo Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi peneliti pada tanggal 09 Agustus 2008 sampai Oktober 2008 di kelas XI-A1 SMA Negeri 6 Malang diperoleh data bahwa pola pembelajaran masih terpusat pada guru (teacher centered). Metode ceramah yang digunakan di kelas kurang menarik m inat belajar siswa ada beberapa siswa yang terlihat pasif dan sebagian besar siswa tidak memperhatikan materi yang disampaikan. Karena siswa kurang terlibat secara maksimal sehingga rasa tanggung jawab dan komunikasi antar siswa belum nampak. Hal tersebut menyebabkan rendahnya motivasi belajar biologi siswa yang berdampak pada rendahnya hasil belajar biologi siswa. Dalam rangka meningkatkan motivasi belajar Biologi maka dilakukan penelitian dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI-A1 SMA Negeri 6 Malang. Model NHT memiliki prosedur yang ditetapkan untuk memberi banyak waktu siswa untuk berpikir menjawab dan saling berkomunikasi antar anggota kelompok. Penerapan model NHT ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI -A1 SMA Negeri 6 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitia n Tindakan Kelas (PTK)dilaksanakan dalam II siklus dengan materi Sistem Gerak Manusia . Data dalam penelitian adalah motivasi belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi motivasi dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes yang dilaksanakan pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model NHT 1) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terlihat dari persentase rata -rata motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 62 42 dengan kategori taraf keberhasilan cukup sedangkan pada siklus II sebesar 92 22 dengan kategori taraf keberhasilan sangat baik 2) dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 10 03% dari siklus I ke siklus II dan peningkatan pesentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 34 48% dari siklus I sebesar 55 17 ke siklus II sebesar 89 65. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis berharap model pembelajaran kooperatif NHT dapat dilaksanakan di kelas dengan menggunakan variasi model pada pokok bahasan yang sesuai .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24648

Actions (login required)

View Item View Item