Penerapan pembelajaran kooperatif model stad (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X-8 SMAN 1 Purwosari / Tri Margaria - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model stad (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X-8 SMAN 1 Purwosari / Tri Margaria

Margaria, Tri (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model stad (Student Teams Achievement Divisions) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X-8 SMAN 1 Purwosari / Tri Margaria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan peneliti dengan mengadakan wawancara dengan guru mata pelajaran biologi SMA Negeri 1 Purwosari kelas X-8 diperoleh informasi bahwa kendala utama yang dihadapi guru dalam pembelajaran biologi di sekolah tersebut adalah kesulitan dalam membuat siswa aktif. Pembelajaran dikelas pada umumnya masih berpusat pada guru dan menggunakan metode ceramah dan diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-8 melalui penerapan pembelajaran model STAD dalam mata pelajaran biologi di SMAN 1 Purwosari. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing meliputi 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-8 SMAN 1 Purwosari. Penelitian ini dilakukan pada semester gasal tahun 2008/2009 mulai dari bulan Nopember-Desember 2008 dengan materi yang diajarkan yaitu jamur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi LKS soal tes dan catatan lapangan. Teknis analisis data yang digunakan adalah persentase motivasi dan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan pembelajaran model STAD dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata persentase motivasi belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan dari 25 90% (kurang) pada siklus I menjadi 44 59% (cukup) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar dapat diketahui dari ranah kognitif dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 55% menjadi 87 5% ranah psikomotorik siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 63 06 % menjadi 73 33 % pada siklus II Saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini antara lain guru mata pelajaran biologi dapat menerapkan pembelajaran model STAD secara berkesinambungan yang terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pembelajaran model STAD dapat diterapkan dengan kegiatan seperti praktikum mengerjakan LKS dan berdiskusi dengan tujuan membiasakan siswa bekerja secara kelompok dan mengeluarkan pendapatnya pada tahap presentasi kelompok dibutuhkan waktu yang relatif lama untuk menampilkan semua kelompok untuk tampil sehingga guru harus pandai dalam mengatur waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24643

Actions (login required)

View Item View Item