Penerapan pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar biologi siswa kelas X-8 SMA Negeri 7 Malang / Poppy Rahmatika Primandiri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar biologi siswa kelas X-8 SMA Negeri 7 Malang / Poppy Rahmatika Primandiri

Primandiri, Poppy Rahmatika (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar biologi siswa kelas X-8 SMA Negeri 7 Malang / Poppy Rahmatika Primandiri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Primandiri Poppy Rahmatika. 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-8 SMA Negeri 7 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Si. (II) Drs. Triastono Imam P. M.Pd. Kata kunci Think Pair Share Kemampuan Berpikir Hasil Belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Biologi hasil observasi dan analisis angket yang disebarkan pada kelas X-8 SMA Negeri 7 Malang diperoleh informasi bahwa siswa kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran hanya 30% siswa antusias mendengarkan penjelasan guru sedangkan 70% siswa yang lain terutama yang duduk di bangku urutan belakang kurang antusias mengikuti pelajaran (berbicara dengan teman sebangku melamun dan menggambar). Hasil belajar siswa banyak di bawah standar kelulusan sehingga setiap kali tes selalu ada siswa yang remidi. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share sehingga kegiatan diskusi dapat menyenangkan dan siswa dapat saling membantu satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa kelas X-8 SMA Negeri 7 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pada pokok bahasan Monera. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-8 SMA Negeri 7 Malang yang berjumlah 42 siswa. Fokus penelitian adalah kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa. Kemampuan berpikir siswa diamati dengan menggunakan lembar observasi pertanyaan dan jawaban siswa secara lisan selama pembelajaran dan catatan lapangan sedangkan hasil belajar siswa diukur menggunakan tes di setiap akhir siklus. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada penelitian ini tidak terjadi peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Taksonomi Bloom C4- C6) kemampuan bertanya dan menjawab tingkat tinggi pada siklus 1 sama seperti di siklus 2 yaitu 4 76% dari seluruh siswa kelas X-8. Tetapi kemampuan berpikir tingkat rendah mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 kemampuan bertanya tingkat rendah (Taksonomi Bloom C1- C3) yaitu 11 9% dan pada siklus 2 kemampuan bertanya tingkat rendah (Taksonomi Bloom C1- C3) yaitu 26 19%. Kemampuan menjawab tingkat rendah (Taksonomi Bloom C1- C3) pada siklus 1 yaitu 19 05% dan pada siklus 2 yaitu 28 57%. Pada penelitian ini terjadi peningkatan hasil belajar dari sebelum tindakan siklus 1 dan siklus 2. Hasil belajar siswa meningkat dari 71 8% (sebelum tindakan) menjadi 73 62% pada siklus 1. Hasil belajar siswa meningkat dari 73 62% (siklus 1) menjadi 78 60% pada siklus 2. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa kelas X-8 SMA Negeri 7 Malang. Berdasarkan paparan dan analisis data serta temuan dalam penelitian ini maka peneliti menyampaikan saran yaitu 1) sebagai i ii upaya peningkatan kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa disarankan kepada guru bidang studi Biologi untuk menerapkan pembelajaran pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) pada materi yang lainnya 2) dalam menerapkan pembelajaran pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) hendaknya guru lebih memberikan perhatian pada siswa pada setiap tahapan pembelajaran sehingga semua siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran 3) implementasi pembelajaran pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) memerlukan waktu yang banyak dan memerlukan perencanaan yang baik untuk dapat mencover konsep sehingga guru bidang studi yang berencana melaksanakan pembelajaran tersebut hendaknya memperhatikan hal di atas 4) guru perlu memperhatikan mengenai kualitas pertanyaan karena kesuksesan kegiatan pembalajaran dengan Think Pair Share sangat tergantung pada kualitas pertanyaan yang diajukan guru pada tahap pertama 5) guru perlu membiasakan siswa bertanya dan menjawab pada metode pembelajaran yang lain untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi agar siswa tidak takut untuk mengungkapkan ide atau pendapat mereka 6) untuk penelitian selanjutnya perlu membuat data pada saat tahap pair karena pada tahap ini akan terjadi interaksi siswa. Data ini juga dapat menjadi data tambahan 7) dalam membuat LKS hendaknya guru membuat pertanyaan pada tingkat tinggi (Taksonomi Bloom C4- C6) agar siswa terbiasa untuk berlatih berpikir menyelesaikan suatu permasalahan dan 8) dalam merencanakan pembelajaran hendaknya guru membuat sesuatu yang menarik dan menantang sehingga siswa tertarik untuk bertanya menjawab atau berpendapat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24641

Actions (login required)

View Item View Item