Implementasi model pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) dalam upaya meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X-6 SMA Negeri 10 Malang / Dwi Yulianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) dalam upaya meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X-6 SMA Negeri 10 Malang / Dwi Yulianto

Yulianto, Dwi (2010) Implementasi model pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) dalam upaya meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X-6 SMA Negeri 10 Malang / Dwi Yulianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yulianto Dwi. 2008. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Afektif Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-6 SMA Negeri 10 Malang Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hadi Margono M. A (II) Dra. Titi Judani M. Kes. Kata Kunci metode Think Pair Share kemampuan afektif hasil belajar. Penelitian ini bardasarkan fakta yang terjadi dari hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan peneliti selama menjadi guru PPL di SMA Negeri 10 Malang. Peneliti memukan adanya permasalahan mengenai rendahnya kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar dalam mata pelajaran biologi di SMA Negari 10 Malang khususnya kelas X-6. Pembelajaran dikelas pada umunya masih berpusat pada guru dan menggunakan metode ceramah diskusi dan tanya jawab. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan afektif dan hasil belajar siswa kelas X-6 dengan menerapkan pembelajaran metode Think Pair Share dalam mata pelajaran biologi di SMA Negeri 10 Malang.Metode Think Pair Share ini mempunyai 3 tahapan yaitu Think (Berfikir Mandiri) Pair (Berpasangan) dan Share (Berbagi). Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatf. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 3 siklus. Subyek penelitian ini adalah kelas X-6 SMAN 10 Malang dengan jumlah 39 siswa. Setiap siklus PTK terdiri atas perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi tes dan angket tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode Think Pair Share. Teknis analisis data yang digunakan adalah prosentase kemampuan afektif pada setiap tahap metode dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan afektif sebelum diberi tindakan pada tahap Think 40 34% tahap Pair 45 59% dan pada tahap Share 50 96%. Setelah diberi tindakan pada tahap Think pada siklus I 59 51% siklus II 64 61% dan siklus III 65 80% tahap Pair pada siklus I 55 45% siklus II 59 65% dan siklus III 62 85% tahap Share pada siklus I 64 04% siklus II 67 77% siklus III 73 65%. Terlihat adanya prosentase peningkatan pada kemampuan afektif yang dilakukan oleh siswa kelas X-6 pada setiap tahap TPS. Sedangkan hasil belajar sebelum diberi tindakan 57 00% dan daya serap klasikal sebesar 30 76%. Setelah diberi tindakan ada peningkatan dari siklus I sampai siklus III. Daya serap klasikal untuk siklus I sebesar 46 14% siklus II sebesar 66 66% dan siklus III sebesar 97 43%. Terdapat kolerasi positif antara kemampuan afektif dan hasil belajar biologi siswa kelas X-6 SMAN 10 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24640

Actions (login required)

View Item View Item