Choriyah, Ummu (2010) Penerapan pembelajaran berbasis masalah (PBM) dengan model group investigation (GI) untuk meningkatkan kerja ilmiah dan prestasi belajar biologi siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 7 Malang / Ummu Choriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Choriyah Ummu. 2009. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan Model Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah dan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 7 Malang. Skripsi Jurusan Biologi. FMIPA. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Soedjono Basoeki M. Pd (II) Drs. Sarwono M. Pd Kata-kata Kunci Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Group Investigation (GI) Kerja Ilmiah Prestasi Kurikulum yang telah diterapkan di SMA Negeri 7 Malang saat ini adalah Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan mulai menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan berbagai macam model pembelajaran. Siswa masih sulit untuk memahami suatu konsep jika tidak diberikan langsung oleh guru siswa juga kurang mampu mengembangkan suatu materi jika tidak diberi catatan oleh guru (siswa masih perlu dituntun oleh guru). Penelitian ini tentang pembelajaran berbasis masalah dengan model Group Investigation yang merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif. Dalam model pembelajaran ini siswa dituntut untuk berpikir kritis dan membentuk pengetahuan sendiri. Proses pemerolehan pengetahuan lebih diutamakan daripada hasil pemerolehan informasi atau pengetahuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan model Group Investigation terhadap peningkatan kerja ilmiah siswa as XI IPA 3 SMA Negeri 7 Malang (2) mengetahui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan model Group Investigation terhadap peningkatan prestasi belajar biologi siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 7 Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 7 Malang pada semester 2 tahun pelajaran 2007-2008 dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang pada materi Struktur Tumbuhan Struktur Hewan dan Manusia Sistem Peredaran Darah pada Hewan dan Manusia. Analisis data hasil penelitian dilakukan secara deskriptif berdasarkan catatan lapangan dan lembar observasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Catatan lapangan dan lembar observasi diisi oleh 8 orang observer. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan Group Investigation meningkatan kerja ilmiah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 7 Malang. Peningkatan kerja ilmiah siswa ditunjukkan dengan persentase kerja ilmiah siswa pada siklus I II dan III sebesar 79% 82 95% 84 17%. Penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan Group Investigation meningkatan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 7 Malang. Peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan ketuntasan belajar siswa pada siklus I II dan III sebesar 19% 43% dan 89%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/24638 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |