Penerapan pembelajaran berdasarkan masalah (PBM) deangan strategi kooperatif teknik stad (Student Teams Achievement Divisions) pada mata pelajaran sains untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Jenderal Sudirman malang tahun ajara - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran berdasarkan masalah (PBM) deangan strategi kooperatif teknik stad (Student Teams Achievement Divisions) pada mata pelajaran sains untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Jenderal Sudirman malang tahun ajara

Anggraini, Sari (2009) Penerapan pembelajaran berdasarkan masalah (PBM) deangan strategi kooperatif teknik stad (Student Teams Achievement Divisions) pada mata pelajaran sains untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Jenderal Sudirman malang tahun ajara. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) bertujuan memusatkan diri pada pengembangan seluruh kompetensi siswa. Siswa dibantu agar kompetensinya muncul dan dikembangkan secara maksimal kemampuan fisik dan mental dengan menggunakan keterampilan proses. Siswa harus dapat aktif dalam proses belajar mengajar dengan tidak selalu menerima apa saja yang disampaikan oleh guru akan tetapi mencarinya sendiri pada media-media yang ada. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Sains Madrasah Ibtidaiyah Jenderal Sudirman (MIJS) Malang sudah menerapkan KBK sejak tahun 2004. Meskipun telah diterapkan sekitar 2 tahun penerapannya masih sering menggunakan metode ceramah karena siswa lebih mudah mengerti tentang materi yang dipelajari. Masih banyak siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran di kelas. Siswa juga masih kesulitan dalam menemukan permasalahan menyusun hipotesis dan menarik kesimpulan dari materi yang dipelajari. Penerapan PBM menghadapkan siswa pada masalah aktual yang tidak tentu membatasi masalah merencanakan penyelidikan melaksanakan eksperimen dan melakukan penyelidikan untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah dan menyajikannya. Dengan bekerjasama dalam kelompok siswa belajar untuk menganalisis permasalahan mengidentifikasi dan menemukan informasi yang diperlukan (dengan mengajukan dan menjawab pertanyaan mereka sendiri atau pertanyaan antar siswa) dan berbagi hasil temuan penyelidikan serta menyusun dan mengevaluasi kemungkinan pemecahan masalah. Oleh karena itu peneliti menerapkan Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) dengan strategi kooperatif teknik STAD untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V-A di MIJS Malang melalui penerapan PBM dengan strategi kooperatif teknik STAD (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V-A di MIJS Malang melalui penerapan PBM dengan strategi kooperatif teknik STAD. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A MIJS Malang yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi kegiatan siswa dan guru selama proses pembelajaran tes akhir pada setiap siklus. Analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBM dengan strategi kooperatif teknik STAD dapat meningkatkan aktivitas siswa untuk visual activities sebesar 40% oral activities sebesar 20% listening activities sebesar 16 86% writing activities sebesar 23 9% motor activities sebesar 8 38% mental activities sebesar 17 9% emotional activities sebesar 44 67% sedangkan drawing activities tidak muncul dalam aktivitas siswa baik selama siklus I maupun siklus II. Penerapan PBM dengan strategi kooperatif teknik STAD ini juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari total skor pada siklus I adalah 2424 sedangkan pada siklus II adalah 2709. Peningkatan hasil belajar juga dapat dilihat dari rata- rata hasil belajar siswa yaitu pada siklus I sebesar 69 24 sedangkan pada siklus II sebesar 77 4. selain itu jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebanyak 16 siswa (45 71%) dan pada siklus II meningkat menjadi 25 siswa (71 43%) Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan PBM dengan strategi kooperatif teknik STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu disarankan bagi guru mata pelajaran Sains untuk dapat menerapkan PBM dengan strategi kooperatif teknik STAD dan bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai bahan acuan dalam pengembangan penelitian berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24635

Actions (login required)

View Item View Item