Pengembangan CD pembelajaran interaktif berbasis komputer sebagai media pembelajaran pada materi tumbuhan di SMA Negeri 3 Malang / Desi Yektianggini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan CD pembelajaran interaktif berbasis komputer sebagai media pembelajaran pada materi tumbuhan di SMA Negeri 3 Malang / Desi Yektianggini

Yektianggini, Desi (2009) Pengembangan CD pembelajaran interaktif berbasis komputer sebagai media pembelajaran pada materi tumbuhan di SMA Negeri 3 Malang / Desi Yektianggini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan mempunyai peran yang amat penting dalam membangun kehidupan suatu bangsa. Hal ini dikarenakan pendidikan merupakan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Guna mewujudkan tujuan tersebut diperlukan peningkatan dan penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan nasional. Lembaga pendidikan di Indonesia mempunyai misi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia seutuhnya. Definisi sumber daya manusia seutuhnya sebagaimana tercantum dalam tujuan pendidikan nasional yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berbudi pekerti luhur memiliki pengetahuan dan ketrampilan kesehatan jasmani dan rohani memiliki kepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional perlu didukung dengan adanya proses pembelajaran yang berkualitas. Pembelajaran yang berkualitas adalah yang mampu menghasilkan sumber daya manusia seutuhnya. Namun harapan di atas tentunya akan sulit tercapai apabila dalam dunia pendidikan sendiri masih terdapat berbagai masalah (Agung 2005 2) Masalah utama dalam dunia pendidikan di Indonesia berkaitan dengan beberapa hal yaitu relevansi pemerataan dan mutu pendidikan. Rendahnya mutu pendidikan melahirkan angkatan kerja yang tidak memiliki kompetensi dasar sesuai dengan kebutuhan pembangunan. Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu kebijakan utama dalam sistem pendidikan nasional. Upaya peningkatan mutu pendidikan bisa dilakukan dengan tiga dimensi yakni masukan pendidikan proses pendidikan dan keluaran pendidikan. Ketiga dimensi tersebut saling berkaitan satu sama lainnya sehingga penanganannya harus dilaksanakan secara simultan. Semua elemen masyarakat mempunyai tanggung jawab dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Lembaga pendidikan guru dan masyarakat (orang tua siswa) serta warga belajar khususnya perlu menyelaraskan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam proses belajar. (Samtono 2006).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24634

Actions (login required)

View Item View Item