Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X.1 SMA Shalahuddin Malang / Berlian Masittah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X.1 SMA Shalahuddin Malang / Berlian Masittah

Masittah, Berlian (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas X.1 SMA Shalahuddin Malang / Berlian Masittah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masittah Berlian. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X.1 SMA Shalahuddin Malang . Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universit as Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sarwono M.Pd (II) Balqis S.Pd M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Koopertif model Numbered Heads Together motivasi belajar hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi peneliti pada tanggal 7 November 2007 sampai 6 Februari 2008 di kelas X.1 SMA Shalahuddin Malang diperoleh data bahwa pola pembelajaran terpusat pada guru ( teacher centered). Metode ceramah yang digunakan di kelas kurang menarik minat belajar siswa karena siswa kurang terlibat secara maksimal dalam pembelajaran.Pelaksanaan praktikum yang kurang efektif juga menyebabkan kurangnya tanggung jawab siswa dalam kelompok. Hal tersebut menyebabkan rendahnya motivasi siswa untuk belajar Biologi yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa (hanya 36 66% tunt as belajar). Dalam rangka meningkatkan motivasi belajar Biologi demi tercapainya proses pembelajaran yang lebih baik maka dilakukan penelitian yang berjudul Penerapan Pembelajaran Koopertif Model Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X.1 SMA Shalahuddin Malang . Model NHT ini memiliki prosedur yang ditetapkan untuk memberi waktu kepada siswa lebih banyak berpikir menjawab dan saling berkomunikasi atau bekerjasama antar anggota kelompok. Penerapan Model NHT ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas X.1 SMU Shalahuddin Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan pokok bahasan Kingdom Plan tae. Peneliti berperan sebagai perancang dan pelaksana kegiatan pengumpul dan penganalisis data serta penyusun hasil penelitian. Data dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi motivasi dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari tes tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model NHT (1) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 10% dari 57 77% pada siklus I menjadi 67 77% pada siklus II (2) dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 26 66% dari 23 33% siswa tuntas belajar pada siklus I menjadi 50% siswa tuntas belajar pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran koopertif model NHT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas X.1 SMA Shalahuddin Malang Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka penulis mengharapkan bahwa pembelajaran koopertif dapat dilaksanakan di kelas dengan menggunakan variasi model atau metode pada berbagai pokok bahasan dan pada bidang studi yang lain. i

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24633

Actions (login required)

View Item View Item