Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 19 Malang / Maria Yosiana Dwi Anggraeni

Anggraeni, Maria Yosiana Dwi (2008) Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 19 Malang / Maria Yosiana Dwi Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraeni, Maria Yosiana Dwi. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Malang. Skripsi. Jurusan Biologi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Sri Endah I., M. Pd, (2) Drs. Sulisetijono, M. Si Kata-kata kunci: Kooperatif, model TGT, motivasi, aktivitas, hasil belajar Pendidikan nasional merupakan bagian integral dari pembangunan nasional di Indonesia yang akan terwujud melalui pendidikan formal maupun informal. Pendidikan di sekolah sebagai lingkungan pendidikan formal tidak terlepas dari kegiatan belajar-mengajar. Karena itu, proses dari kegiatan belajar-mengajar sangat menentukan kebehasilan belajar dari siswa. Berdasarkan hasil observasi awal peneliti menunjukkan bahwa siswa di kelas X-2 SMAN 9 Malang memiliki motivasi dan aktivitas belajar yang rendah. Di samping itu, sebagian besar siswa mempunyai kemampuan belajar yang masih rendah. Bertolak dari fenomena yang ditemukan di lapangan, maka peneliti kemudian melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model TGT dalam meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Negeri 9 Malang. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Data-data yang dikumpulkan kemudian dideskripsikan secara naratif. Tahapan pelaksanaan penelitian dimulai dari observasi awal. Setelah dilakukan refleksi, maka disusunlah rencana tindakan yang disusul dengan pelaksanaan rencana tindakan dan refleksi. Demikian gambaran tahapan pelaksanaan penelitian yang dilakukan selama 2 siklus pembelajaran pada bulan Mei-Juni 2008. Peneliti mengobservasi motivasi dan aktivitas belajar siswa melalui instrumen berupa lembar observasi. Peneliti juga melihat perubahan motivasi siswa dari angket yang diberikan pada akhir siklus I dan II. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-2 SMAN 9 Malang. Adapun rerata persentase keberhasilan tindakan terhadap motivasi siswa mengalami peningkatan sebesar 11,78%. Sementara itu, aktivitas siswa juga mengalami peningkatan sebesar 26,21%, sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 34,4%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24628

Actions (login required)

View Item View Item