Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran salingtemas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 6 Blitar / Yulita Pramustikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran salingtemas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 6 Blitar / Yulita Pramustikasari

Pramustikasari, Yulita (2010) Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran salingtemas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 6 Blitar / Yulita Pramustikasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pramustikasari Yulita. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran Salingtemas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 6 Blitar. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Susetyoadi Setjo M. Pd. (2) Dra. Murni Saptasari. M. Si. Kata kunci Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Pembelajaran Salingtemas Motivasi Belajar Hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi di SMPN 6 Blitar peneliti menemukan beberapa hal yaitu SMPN 6 Blitar memiliki karakteristik siswa dengan kemampuan kognitif menengah kebawah. Pembelajaran di SMPN 6 Blitar secara konvensional dimana guru mengajar dengan ceramah serta pembelajaran berpusat pada guru (teacher center). Penerapan pembelajaran secara ceramah menyebabkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran TPS dalam pembelajaran Salingtemas. Jenis Penelitian ini adalah termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dengan dua siklus masing-masing siklus dengan dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 6 Blitar kelas VII H dengan jumalh siswa perempuan 14 dan julah siswa laki-laki 15 orang. Instrumen dalam penelitian berupa tes evaluasi untuk mengetahui hasil belajar dan lembar observasi untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran dengan dalam pembelajaran Salingtemas dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII H SMPN 6 Blitar. Pada siklus I persentase motivasi belajar siswa 52 5%. Pada siklus II persentase motivasi belajar siswa meningkat menjadi 75%. Penerapan model pembelajaran dengan TPS dalam pembelajaran Salingtemas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII H SMPN 6 Blitar. Pada siklus I persentase rerata hasil belajar siswa adalah 80 32%. Pada siklus II persentase hasil belajar mengalami peningkatan yaitu menjadi 80 53%. Berdasarkan penelitian maka dapat diajukan saran sebagai berikut (1) saat tahap think (dalam TPS) guru dapat memberikan permasalahan dalam bentuk lisan untuk menghindari siswa yang sudah mulai berdiskusi saat tahap think dalam TPS (2) dalam pembagian kelompok diskusi hendaknya dilakukan secara heterogen (3) dalam pembelajaran model TPS guru dapat membangkitkan motivasi siswa dengan cara pendekatan secara personal kepada siswa yang dapat dilakukan saat tahap pair.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24626

Actions (login required)

View Item View Item