Penerapan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan sikap dan hasil belajar biologi siswa kelas X-4 SMA Negeri 10 Malang / Udi Sukandriyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan sikap dan hasil belajar biologi siswa kelas X-4 SMA Negeri 10 Malang / Udi Sukandriyo

Sukandriyo, Udi (2010) Penerapan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan inkuiri untuk meningkatkan sikap dan hasil belajar biologi siswa kelas X-4 SMA Negeri 10 Malang / Udi Sukandriyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sukandriyo Udi. 2008.Penerapan Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Sikap dan Hasil Belajar BiologiSiswaKelas X-4SMA Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Drs.Hadi Margono M.A (II) Sofia Ery Rahayu S.Pd M.Si Kata Kunci hasil belajar pembelajaran kontekstual pendekataninkuiri sikap Observasi awal yang dilakukandi kelas X-4 SMA Negeri 10 Malang penelitimenemukan beberapa faktaantaralain 1) proses pembelajaran yang selama ini dilakukan masih berkutat pada pembelajaran klasikal yaitu ceramah dan jarang dilakukan kerja praktikum dan2) sikap siswa dalam belajar sangat rendah hal ini dapat dilihatdari kurangnya keaktifan siswa selama proses belajar mengajar.Berdasarkanfaktadan permasalahantersebuttujuan penelitian ini adalah 1)meningkatkan sikap belajar siswa dan2)meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam 3 sikluspembelajaran kontekstual dengan pendekatan inkuiri. Dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi.Setiap siklus melibatkan tahapan inkuiri yang meliputi observasi bertanya pengajuan dugaan pengumpulan data kesimpulan dan evaluasi.Subjek penelitian tindakan ini adalah siswakelas X-4 SMA Negeri 10 Malang yang berjumlah 37 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Mei tahun 2008. Data berupa data kualitatif tentang sikap dan skor hasil belajar pada setiap akhir siklus. Aspek sikap yang diamati dalam penelitian ini meliputi 1) kemauan mengumpulkan dan menggunakan bukti 2) kemauan untuk mengubah gagasan/pendapat terkait dengan bukti dan 3) kemauan untuk mereview prosedur (refleksi kritikal). Hasil penelitian menunjukkanterjadinya peningkatansikapdan hasil belajar siswasetelah pemberian tindakan.Peningkatan sikap belajar siswadari tiga aspek sikap yang diamatidapat terlihatdarirata-rata persentase keberhasilan tindakanpadasetiap siklus yaitu41 6% pada siklus I 50 1% pada siklus II dan pada siklus III mencapai 66 7%.Sedangkan peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari jumlah persentase siswa yang tuntas belajar secara klasikal pada tigasiklus yang dilaksanakan.Persentaseketuntasanbelajar pada siklus I mencapai 62% (belum tuntas) padasiklus II mencapai 70% (belum tuntas) danpadasiklus III mencapai 89% (tuntas) dengan kriteria ketuntasan belajar kelas secara keseluruhanyaitu 85%.Jika dibandingkan dengan keadaan sebelumpemberian tindakan sikap belajarsiswadan hasil belajar siswamengalamipeningkatan yang cukup berarti. Peningkatan tersebut dapat terlihatkarena sikapbelajarsiswa sebelum tindakan sangat rendah dan hasil belajar siswa juga sangat rendah dengan ketuntasan belajar yang hanya mencapai 13 5% dan secara klasikal dinyatakan belum tuntas. i Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pembelajaran kontekstual dengan pendekatan inkuiridapatmeningkatkansikap dan hasil belajar siswa kelas X-4 SMA Negeri 10 Malang.Kelemahan dari penelitian ini adalah peneliti (guru) tidak memberikan balikan terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu disarankan bagi peneliti berikutnyauntuk selalu memberikanbalikandan memberitahuan hasil belajaryang telah diperolehkepada siswa karenabalikan dan pemberitahuan hasil belajarakanmemberidampak baik terhadap usaha belajar selanjutnya. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24625

Actions (login required)

View Item View Item