Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Team Game Tournament) dalam siklus belajar yang berbasis potensi wilayah industri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Gresik / Dodi Firnanduz - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Team Game Tournament) dalam siklus belajar yang berbasis potensi wilayah industri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Gresik / Dodi Firnanduz

Firnanduz, Dodi (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Team Game Tournament) dalam siklus belajar yang berbasis potensi wilayah industri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Gresik / Dodi Firnanduz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara secara informal dengan guru mata pelajaran Biologi kelas VII F SMP Negeri 3 Gresik diketahui bahwa dalam kegiatan belajar mengajar biologi sudah digunakan pembelajaran kooperatif diantaranya adalah model STAD Jigsaw dan GI. Namun menurut pengalaman guru yang sudah melaksanakannya masih belum sempurna dan cukup menyita waktu dalam mengelola kelas. Hal ini mungkin disebabkan karena guru terbiasa menggunakan metode konvensional untuk menyampaikan materi pelajaran sehingga dalam proses pembelajaran siswa terlihat kurang aktif dan tidak banyak terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran kooperatif model TGT diharapkan dapat membantu masalah tersebut sehingga siswa dapat belajar lebih semangat disamping menumbuhkan tanggung jawab kerja sama persaingan sehat serta keterlibatan belajar melalui suatu perlombaan atau turnamen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Gresik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang merupakan kolaborasi antara mahasiswa dan guru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 siklus siklus I berlangsung dari tanggal 25 Juli sampai 20 Agustus 2005 dan siklus II berlangsung dari tanggal 24 Agustus sampai 10 September 2005. Indikator peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari ketertarikan terhadap pembelajaran kooperatif model TGT yang disertai dengan kesungguhan dalam belajar di kelas sedangkan peningkatan hasil belajar dilihat dari hasil menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam turnamen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model TGT dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Gresik. Pada siklus I tingkat motivasi belajar siswa cukup tinggi yang ditunjukkan dengan hampir semua siswa tertarik dengan pembelajaran kooperatif model TGT persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 57.5 %. Pada siklus II tingkat motivasi belajar siswa juga cukup tinggi dan siswa sangat antusias dalam pelaksanaan turnamen sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 70 %. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran kooperatif model TGT memberikan pengaruh dan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jadi pembelajaran kooperatif model TGT dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran biologi yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24621

Actions (login required)

View Item View Item