Penerapan metode simulasi pada konsep-konsep abstrak untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi di kelas XI IPA SMA Negeri 10 Malang / Venty Yuniar Nilasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode simulasi pada konsep-konsep abstrak untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi di kelas XI IPA SMA Negeri 10 Malang / Venty Yuniar Nilasari

Nilasari, Venty Yuniar (2009) Penerapan metode simulasi pada konsep-konsep abstrak untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi di kelas XI IPA SMA Negeri 10 Malang / Venty Yuniar Nilasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nilasari Venty Yuniar. 2008. Penerapan Metode Simulasi pada Konsep-konsep Abstrak untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi di Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Malang . Skripsi Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pembimbing (I) Drs. Sarwono M.Pd. (II) Balqis S.Pd. M.Si. Kata kunci Simulasi Aktivitas Belajar Hasil Belajar. Permasalahan yang ditemukan pada SMAN 10 Malang adalah kesulitan memahami konsep-konsep abstrak yang tidak dapat teramati secara langsung misalnya metabolisme intrasel genetika dan sistem-sistem dalam tubuh. Pokok bahasan tersebut tidak dapat dipraktikumkan tetapi masih bisa divisualisasikan dengan melihat tayangan video dan torso. Metode yang paling sering digunakan adalah diskusi presentasi. Metode ini membawa suasana kelas menjadi jenuh dan menjemukan. Aktivitas belajar siswa menjadi pasif. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru sebagian besar tidak terkait dengan pengalaman belajar langsung melalui kejadian sehari-hari (tidak kontekstual). Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam biologi adalah simulasi. Simulasi adalah permainan atau adegan yang disajikan kepada siswa untuk menunjukkan atau menggambarkan suatu kejadian atau proses alam khususnya yang terjadi ditubuh makhluk hidup atau yang melibatkan makhluk hidup. Metode simulasi dengan kegiatan bermain peran ini bertujuan untuk memberikan pemahaman konsep yang lebih mudah kepada siswa untuk belajar proses yang abstrak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 semester I dan II Tahun Ajaran 2007/2008. Sumber data penelitian adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa untuk menilai ranah psikomotor observasi pelaksanaan pembelajaran oleh guru catatan lapangan hasil pretes-postes untuk menilai ranah kognitif dan hasil wawancara serta angket untuk menilai ranah afektif. Analisis data penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mengkaji semua data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) metode simulasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Peningkatan persentase aktivitas belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 dan dari siklus 2 ke siklus 3 meliputi aspek kerja ilmiah (30.82% menjadi 45.42% dan menjadi 64.43%) pemahaman konsep (43.12% menjadi 63.75% dan menjadi 81.66%) motivasi belajar (54.48% menjadi 77.5% dan menjadi 87.41%) dan kerjasama siswa (51.67% menjadi 78.32% dan menjadi 82.22%) 2) metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata skor tes siswa pada siklus 1 dari 48.83 menjadi 82.64 dan pada siklus 2 dari 67.28 menjadi 68.55 serta pada siklus 3 dari 71.94 menjadi 76.65. Selain itu juga terjadi peningkatan pada daya serap klasikal sebesar 2.27% dari siklus 1 sampai dengan silkus 3. Penelitian ini perlu diterapkan pada pokok bahasan lainnya agar dapat diketahui efektivitas dan efisiensinya dalam pembelajaran. Diharapkan penelitian selanjutnya juga dapat diterapkan pada sekolah lain sehingga aktivitas dan hasil belajar di sekolah tersebut juga dapat meningkat. Perlu pengelolaan waktu yang ilebih baik agar rencana yang telah dirancang dapat dijalankan secara ideal sehingga hasil penelitian yang diharapkan dapat tercapai secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/24618

Actions (login required)

View Item View Item